Lampung Tuan Rumah Konferensi Internasional Studi Islam

286910

Perhelatan Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS) yang ke XV Tahun 2015 di Manado.

RADIO SUARA WAJAR – Provinsi Lampung menjadi tuan rumah Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS) ke-6 tahun 2016 dipusatkan di Institut Agama Islam Raden Intan Lampung.

“Penunjukan IAIN Raden Intan Lampung sebagai penyelenggara AICIS dikarenakan Provinsi Lampung sebagai daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam, merupakan simbol kehidupan multikultural, multietnis dan multireligius,” kata Rektor IAIN Raden Intan Lampung Prof Dr H Moh. Mukri MAg saat beraudiensi dengan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, di Bandarlampung, Kamis (12/5).

Ia menyebutkan, Lampung memiliki kekayaan tradisi, nilai-nilai adat dan spritual, serta budaya dan destinasi pariwisata.

Keragaman agama, budaya dan suku yang mampu hidup berdampingan dengan damai, harmoni dan toleran di daerah Lampung ini dapat menjadi salah satu modal dan contoh aktual Islam Indonesia yang layak dipromosikan untuk turut membangun peradaban dunia yang plural, damai dan harmoni, katanya lagi.

Konferensi internasional itu diselenggarakan selama empat hari, Selasa-Jumat, tanggal 1 hingga 4 November 2016. Tempat penyelenggaraan The 16th AICIS 2016 berfokus di area Kampus Sukarame IAIN Raden Intan Lampung yang terkenal bersih, hijau dan asri. Seremoni Pembukaan AICIS 2016 direncanakan digelar di Ballroom Hotel Novotel Bandarlampung atau Hotel The 7th Bandarlampung.

Tujuan dilaksanakan penyelenggaraan AICIS 2016 yakni mempertemukan para ilmuan muslim dan pengkaji keislaman multikeahlian dari berbagai belahan dunia dan wilayah di Indonesia dalam forum yang membahas dan merumuskan kontribusi Islam Indonesia terhadap peradaban.

Konferensi itu juga menunjukkan keunggulan-keunggulan Islam Indonesia ke pentas peradaban dunia sebagai modal dalam membangun hubungan yang harmoni, toleran, damai, demokratis dan dinamis, di tengah konflik kehidupan umat manusia yang multireligius, etnis dan kultural.

Tujuan lainnya dalah mempromosikan kekayaan dan keunikan Islam lokal di Indonesia, terutama daerah Lampung, dalam membangun bingkai mozaik Islam Indonesia yang damai, harmoni, dan toleran.

AICIS 2016 akan mengundang para pakar dari berbagai lembaga dalam dan luar negeri, yaitu Prof Moncef Abdul Jalil (University De Saosa Tunisia), Prof Virginia Hooker (Australian National University Camberra), Prof Syafii Ma`arif (Ma`arif Institute Jakarta), Prof M Nasir (Menristek Dikti RI), Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Menteri Sosial RI, dan Menteri Pertahanan RI.

Peserta selain dari Indonesia, juga dari berbagai kota/negara, seperti Belanda, Amerika Serikat, Jerman, Malaysia, Kolombia, dan Sidney Australia.

 

447 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *