Petakan Potensi Perikanan dan Kelautan, Pemprov Lampung gandeng UNPAD

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat mengunjungi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNPAD Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor, Jawa Barat Senin 02 Mei 2016 lalu.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat mengunjungi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNPAD Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor, Jawa Barat Senin 02 Mei 2016 lalu.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Untuk mengoptimalkan sumberdaya kelautan dan perikanan, Pemerintah Provinsi Lampug akan jajaki kerjasama dengan Universitas Padjajaran (UNPAD).

Hal itu diutarakan M Ridho Ficardo saat mengunjungi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNPAD Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor, Jawa Barat Senin 02 Mei 2016 lalu.

Menurut Ridho, Lampung memiliki potensi budidaya perikanan laut yang sangat besar dengan luas lahan mencapai lebih dari 10.600 hektare.

“Komoditas yang potensial untuk dikembangkan secara budidaya adalah udang, ikan bandeng, ikan kakap dan ikan kerapu,” paparnya.

Selain itu menurutnya, Lampung juga memiliki potensi untuk budidaya ikan air tawar, salah satunya di Kabupaten Lampung Selatan yang mencapai 275 ribu ton per tahun.

Gubernur merinci, produksi perikanan di Lampung sebagian besar masih berasal dari kegiatan usaha penangkapan yang mencapai 85 persen dan sisanya merupakan kegiatan usaha budidaya, khususnya udang.

“Provinsi Lampung tercatat sebagai daerah penghasil udang terbesar di Indonesia. Dari produksi udang nasional sebanyak 348.100 ton, sebanyak 45 persen dihasilkan dari wilayah Lampung. Komoditas udang masuk dalam lima produk unggulan ekspor nonmigas Indonesia.

Gubernur menegaskan perlu pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang perikanan dan kelautan, serta perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat dan pembangunan di masa mendatang.

“Kondisi yang memperlihatkan bahwa potensi kelautan dan perikanan di Provinsi Lampung sangat menjanjikan dan diperlukan perhatian khusus untuk menggali potensi-potensi tersebut,” tutupnya.***

Reporter : Robert

994 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *