Rasario Merah Putih KAJ

RADIO SUARA WAJAR – Mengawali bulan Maria pada Minggu 1 Mei yang lalu Keuskupan Agung Jakarta meluncurkan Rosario Merah Putih. Acara peluncuran yang digelar di Gereja Katedral Jakarta tersebut, dipimpin oleh Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo.

Dalam kotbahnya pada misa usai acara peluncuran, Uskup Suharyo mengatakan bahwa gerakan ini bertujuan untuk mengajak umat Katolik, agar turut berperan dalam membangun Indonesia.

Ketua Komisi Liturgi KAJ, Pastor Hieronymus Sridanto Aribowo di Katedral St. Perawan Maria Diangkat ke Surga di Jakarta Pusat (1/5/16), menjelaskan bahwa hal tersebut dibuat sebagai wujud nyata dari Arah Dasar KAJ lima tahun mendatang yakni terkait gerakan ‘Amalkan Pancasila’.

Pastor Hieronymus menjelaskan bahwa warna merah-putih menjadi sangat impresif, dimaksudkan untuk mengingatkan kita pada bendera Indonesia, Sang Saka Merah-Putih. Merah berarti berani membela kebenaran karena iman kepada Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus. Putih berarti suci, tulus dan murni karena kasih Allah semata.

Selain itu, Komisi Liturgi juga memikirkan bagaimana liturgi menjadi hidup dan memerdekakan sebagai sasaran prioritas nomor tiga dari Arah Dasar KAJ 2016-2020.

Usai acara, sebanyak 2.000 rosario merah-putih dibagikan secara gratis kepada semua umat yang memadati gereja katedral saat itu.

Pada hari yang sama pula, 65 paroki di KAJ serentak meluncurkan Rosario khas Indonesia tersebut. (ucannews)

 

1103 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *