Korban Konflik Suriah, TKW asal Lamsel Dipulangkan

20131224183643-161-tkw-ilegal-di-bekasi-diamankan-bareskrim-mabes-polri-006-nfi

Ilustrasi

RADIO SUARA WAJAR – KBRI Damaskus, Suriah, memulangkan Muhaenah binti Ramin Sabit dari Lampung Selatan (Lamsel) bersama 40 WNI lainnya melalui Bandara Internasional Damaskus. Repatriasi gelombang 274 ini disebut yang terbanyak sejak tahun lalu.

Dalam siaran pers KBRI Damaskus, Selasa (26/4) para WNI yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) ini sebagian besar dari Jawa Barat. Sisanya dari Jateng, Jatim, dan NTB. Mereka dipulangkan setelah permasalahan dan hak-haknya dengan majikan selesai.

Dengan demikian, masih terdapat 20 WNI korban perdagangan manusia di shelter KBRI Damaskus. Hak dan upaya memulangkannya ke tanah air masih terus diperjuangkan. Diperkirakan, jumlah itu masih akan terus bertambah setiap harinya.

Duta Besar RI di Damaskus, Djoko Harjanto, yang turut melepas mereka menegaskan, pemulangan ini merupakan program yang telah berlangsung sejak 2011. Situasi keamanan di Suriah masih sangat mengkhawatirkan dan tidak memungkinkan untuk memperpanjang kontrak kerja mereka.

Pejabat Protokol Konsuler sekaligus Pejabat Penerangan Sosial Budaya, AM Sidqi menerangkan, dari 41 WNI repatriasi itu terdapat Casih binti Waan yang telah diselamatkan KBRI dari kepungan ISIS di Deir Ezzor.

 

395 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *