Rokok Elektronik Meledak, Sebabkan Kebutaan pada Seorang Remaja

Ilustrasi. Shutterstock

Ilustrasi. Shutterstock

RADIO SUARA WAJAR – Seorang remaja berusia 14 tahun mengalami kebutaan pada salah satu matanya, bahkan berpotensi mengalami kerusakan mata permanen, setelah diduga melakukan uji coba penggunaan rokok elektronik di sebuah kios mal di Brooklyn, New York.

Sehingga menimbulkan pertanyaan; seberapa amankah produk rokok elektronik yang ada di pasaran saat ini?

Leor Domatov mengatakan, kala itu ia sedang mencoba sebuah produk rokok elektronik di kios Plaza Vapes di Brooklyn Kings Plaza. Tak lama setelah seorang karyawan toko menghubungkan produk dengan baterai, rokok elektronik yang ia pegang pun meledak di tangan dan wajahnya.

“Aku tidak bisa melihat apa-apa karena kornea saya terluka,” kata Domatov kepada salah satu stasiun berita.

Domatov, remaja yang baru berusia 14 tahun, secara hukum masih dilarang untuk membeli produk rokok asli maupun rokok elektronik karena masih terbilang anak di bawah umur.

Ayah Domatov kini melayangkan tuntutan kepada pemilik kios dan mal karena melegalkan penjualan rokok elektronik untuk anak di bawah umur.

Walau para pelaku industri rokok elektronik berpendapat bahwa produk mereka aman digunakan dan merupakan alternatif sehat untuk menggantikan rokok tembakau—karena pengguna tidak menghirup asap karsinogenik—insiden ini menambah pertanyaan lain tentang keamanan produk rokok elektronik.

Sebelumnya, Stanton Glantz, profesor dari Pusat Penelitian, Pendidikan, dan Pengendalian Tembakau University of California, San Francisco berkata, “Rokok elektronik dipromosikan sebagai sarana untuk berhenti merokok, tapi nyatanya, rokok elektronik justru efek sebaliknya. Kami menemukan bahwa penggunaan rokok elektronik tidak menunjukkan efek yang signifikan dalam kebiasaan merokok.”

Dr Norman Edelman, penasihat ilmiah senior untuk American Lung Association menambahkan, rokok elektronik cenderung mengganggu upaya berhenti merokok.

Dengan kata lain, selain tak memberi banyak perubahan positif terhadap kebiasaan merokok, keamanan dari produk rokok elektronik yang dijual di pasaran kini juga menjadi pertanyaan. Konsumen diminta untuk lebih berhati-hati.***

Editor        : Robert

Sumber     : Fox News

625 Total Views 1 Views Today

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *