Tentara Iran Salah Satu yang Terkuat di Dunia

Tentara Iran. ©basnews.com

Tentara Iran. basnews.com

JAKARTA,RADIO SUARA WAJAR – Setelah revolusi Islam di Iran, pasukan pertahanan Republik Islam Iran dikembangkan dengan peningkatan terhadap sumber daya manusia, mengandalkan potensi-potensi nasional, dan mengurangi ketergantungan terhadap negara luar.

“Sekarang setelah berakhirnya perang delapan tahun yang dipaksakan, dengan segudang pengalaman itu, Tentara Republik Islam Iran dianggap tidak hanya sebagai salah satu dari tentara terkuat di wilayahnya, tetapi juga sebagai salah satu yang terkuat di dunia,” tutur Atase Militer dan Pertahanan Iran Kolonel Shahriar Dasin kepada awak media di Jakarta, pada Sabtu 16 April 2016.

Ditemui di Hotel Borobudur dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Tentara Republik Islam Iran ke-35 yang jatuh pada 18 April mendatang, komandan militer Angkatan Darat Iran mengungkap saat ini pasukannya telah mengembangkan sistem pertahanan yang berbasis pengetahuan, yang dikontribusikan untuk berbagai bidang pendidikan. Demikian juga operasi militernya semata mengandalkan ilmu pengetahuan dan pengalaman dari para komandan, staf dan pakar militer dan pertahanan mereka.

“Dengan hal ini, tingkat persiapan tertinggi telah dicapai melalui wilayah darat, air, dan udara. Sejauh ini, kami juga sudah merekonstruksi dan memperbarui perlengkapan serta fasilitasnya. Hasil ketrampilan para pribumi pun bisa kita nikmati. Baik produksi persenjataan dan peralatan militer modern dan kelengkapan kebutuhan pada segala bidang juga telah tercapai,” ujarnya.

Secara terbuka, atase militer Negeri Para Mullah itupun membeberkan keunggulan yang telah dicapai pasukannya selama ini. Tidak terlepas dari pengalaman berharga yang dipetik selama delapan tahun berperang dengan negara-negara Barat.

Dari segi angkatan udara (AU), perkembangan ilmu pengetahuan di angkatan bersenjata Republik Islam Iran, berbagai macam pesawat berhasil dikembangkan dan diproduksi secara mandiri. Kemajuan pertahanan udara yang dimaksud, meliputi pembuatan pesawat tempur, pesawat transportasi dan pesawat latihan.

“Angkatan udara kami juga memproduksi berbagai jenis misil, perlengkapan perang elektronik, peralatan laser dan suku cadang sensitif dan rumit dari pesawat tempur dan pengebom,” papar dia seperti dikutip okezone.com.

Persenjataan angkatan laut (AL) juga disebutnya tidak kalah muktahir. Kini AL Iran tidak hanya mampu mendesain dan memproduksi macam-macam kapal, kapal selam, dan perlengkapan maritim lainnya. Akan tetapi, juga mampu menunjukkan eksistensi yang kuat pada wilayah air internasional. Termasuk membantu memerangi terorisme dan bajak laut, serta mendukung secara aktif pelestarian keamanan jalur pelayaran bersama dengan AL lainnya di perairan internasional.

Tentara angkatan darat (AD) pun selalu disiagakan melindungi perbatasan dari segala ancaman agresi militer dari negara-negara terdekat yang berseberangan. Sebut saja diantaranya Israel, Arab Saudi, Qatar dan tidak ketinggalan Amerika Serikat.

Meskipun pengembangan nuklir, rudal dan persenjataannya selalu dianggap dapat mengancam perdamaian dunia, Kolonel Dasin memastikan, tentara nasionalnya selalu hadir dan berpartisipasi aktif terhadap pemulihan bencana dan operasi kemanusiaan, bersama dengan organisasi-organisasi sipil pemerintahan asing.***

Editor : Robert

1050 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *