Paus Fransiskus Akan Rilis Panduan Gereja Soal Cinta, Seks dan Pernikahan

adf014e0-143d-4879-859a-ee3f66db8499_169RADIO SUARA WAJAR – Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus akan merilis panduan baru soal pendekatan gereja terhadap cinta, seks dan pernikahan. Perilisan panduan semacam ini dianggap sebagai salah satu momen menentukan dalam masa jabatannya.

Bagaimana pandangan Paus soal LGBT? Apakah Paus relaks soal perceraian dan hidup bersama tanpa pernikahan? Atau apakah Paus sosok konservatif yang menyadari perlunya menghindar dari isu-isu yang membuat gereja tidak nyaman?

Seperti dilansir AFP, Jumat (8/4/2016), warisan Paus asal Argentina berusia 79 tahun ini, bisa jadi ditentukan oleh konten dalam dokumen panduan soal keluarga, yang akan dirilis Jumat (8/4) sore waktu setempat.

Panduan yang secara resmi disebut Amoris Laetitia ini, terdiri atas 200 halaman dan pada dasarnya merupakan surat untuk 1,2 miliar warga Katolik Roma di seluruh dunia. Isi soal dasar Gereja terkait praktik pengajaran dan pastoral dalam menangani isu-isu berkaitan dengan kehidupan keluarga.

Penganut Katolik radikal berharap akan ada perubahan dengan kembali pada doktrin lama. Namun di sisi lain, panduan itu mungkin merefleksikan kecenderungan posisi dan pandangan Paus yang tengah menjabat, yang kemungkinan berusaha membuat Gereja Katolik Roma lebih pemaaf dan tidak terlalu menghakimi penganutnya yang berada dalam situasi tidak wajar.

Kardinal Jerman Walter Kasper yang berpengaruh, memprediksi bahwa panduan ini akan menandai momen perubahan bagi Gereja Katolik Roma.

Amoris Laetitia akan diumumkan di Vatikan oleh Kardinal Christoph Schoenborn, selaku Uskup Agung Wina yang selama ini dipandang sebagai tokoh modern karena dirinya sendiri anak dari orangtua yang bercerai.

Panduan ini juga akan disalurkan pada keuskupan di seluruh dunia, dengan para uskup lokal akan mendapat panduan soal bagaimana menjelaskan perubahan yang mungkin terjadi pada setiap jemaatnya.

 

362 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *