Kabupaten Waykanan Akan Bentuk Bank Sampah

Serba-Serbi-Bank-SampahRADIO SUARA WAJAR – Pemerintah Kabupaten Waykanan, Lampung, akan membentuk bank sampah untuk dijadikan pupuk kompos sekaligus mengatasi masalah sampah di daerah itu.

Dikatakan Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Waykanan, Reinaldi di Blambanganumpu, ibu kota Waykanan pihaknya ingin menciptakan Kabupaten Waykanan yang bersih, sehat dan nyaman. Ditegaskan olehnya bahwa sampah juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk kompos.

Menurut dia, bank sampah itu akan segera diluncurkan dalam waktu bersama Bupati dan Wakil Bupati Waykanan.

Dengan adanya bank sampah itu, sampah yang diberikan masyarakat akan dibayar atau dibeli oleh petugas, sementara untuk menarik minat anak-anak, KLH  Waykanan akan memberikan hadiah kepada setiap anak yang menyerahkan sampah kepada tim bank sampah.

Reinaldi menjelaskan, sampah-sampah yan diserahkan nantinya akan diberli atau ditukar dengan buku bagi anak-anak agar bisa mendorong rasa peduli dan percaya diri.  Masih menurutnya itu semua di akukan agar Kabupaten Waykanan dapat lebih baik, baik dari sisi pemerintahan hingga masyarakat dan pemukimannya..

Sementara itu, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menyatakan mendukung program penerapan bank sampah di daerahnya serta pengelolaan sampah untuk dijadikan pupuk kompos. Adipati menganggap psitif gerakan ini. Dikatakannya selain dapat mengurangi sampah di lingkungan Pemkab Waykanan, ini juga bisa memberikan pemasukan bagi pemda.

Namun Adipati mengharapkan, agar kegiatan ini dapat di kembangkan lagi di tingkat kecamatan agar masing-masing kecamatan dapat memanfaatkan keberadan pengelolaan sampah dan bank sampah.

 

1253 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *