Romo Jati : “Saya sudah ikut Misa Malam Paskah, maka hari Minggu Paskah tidak perlu lagi,” adalah anggapan tidak tepat!

RD Yohanes Kurniawan Jati (kanan) bersama umat setempat di halaman Gereja Paroki Maria Ratu Damai Teluk Betung, Bandar Lampung, Sabtu 26 Maret 2016.

RD Yohanes Kurniawan Jati (kanan) bersama umat setempat di halaman Gereja Paroki Maria Ratu Damai Teluk Betung, Bandar Lampung, Sabtu 26 Maret 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Kecenderungan umat Katolik, ketika mengikuti perayaan Misa Malam Paskah (Vigili Paskah) animonya sangat tinggi, melebihi Minggu Paskah.

“Seharusnya dalam pemahaman liturgi Vigili Paskah berbeda dengan Minggu Paskah. Liturgi yang berbeda, makna yang berbeda. Maka seharusnya logika liturginya yang ikut Vigili Paskah harus ikut lagi Minggu Paskahnya,” jelas RD Yohanes Kurniawan Jati kepada Radio Suara Wajar, Sabtu 26 Maret 2016.

Menurut pengamatan Pastor Kepala Paroki Maria Ratu Damai Teluk Betung Bandar Lampung ini, kebanyakan umat salah kaprah karena terbawa kebiasaan mengikuti jadwal Misa Mingguan.

“Umat keliru karena terbawa jadwal Misa Mingguan. Seperti diketahui, jadwal Misa Mingguan ada malam Minggu ada Minggu pagi yang liturginya sama,” jelasnya.

Ada lagi anggapan keliru umat katolik menurut Romo Jati. Yakni anggapan salah umat yang menyebut bahwa Misa Minggu Paskah adalah Paskahnya anak-anak.

“Padahal tidak ada! Anak-anak kalau dalam liturgi ya nebeng ke Gereja secara umum. Bahwa yang merayakan liturgi itu Gereja secara keseluruhan. Lalu kelompok-kelompok khusus, misalnya anak-anak itu ditebengkan pada liturgi Gereja secara umum itu,” jelas Romo Jati.

Romo Jati mempersilahkan jika umat berkeinginan memberikan perhatian khusus pada anak-anak, syaratnya tapi seusai Misa.

“Kalau anak-anak mau diberi perhatian khusus sesudah Misa, silahkan. Tetapi bukan dalam Misa itu. Maka pembagian telur Paskah, hadiah Paskah, tidak dalam misa dan di dalam gereja dengan maksud supaya memisahkan mana yang liturgi dan ceremonial perhatian untuk anak-anak,” pungkasnya.***

Reporter : Robert

1539 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *