Jadwal Misa Kamis Putih di Paroki Maria Ratu Damai Teluk Betung Bandar Lampung

ratudamai.blogspot.co.id.

ratudamai.blogspot.co.id.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Misa Kamis Putih di Gereja Paroki Maria Ratu Damai di Jl. Ikan Kakap 4, Teluk Betung, Bandar Lampung esok hari, Kamis 24 Maret 2016 dimulai pada pukul 18.00 WIB.

Seperti dikutip dari blog Paroki Maria Ratu Damai Teluk Betung ratudamai.blogspot.co.id, Misa Kamis Putih ini akan dipimpin oleh RD Yohanes Kurniawan Jati.

Sebagaimana diketahui, Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Paskah, pada Hari Raya Pekan Suci ini umat Katolik mempunyai tradisi memperingati Perjamuan Malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus. Hari ini adalah salah satu hari terpenting dalam kalender Gereja. Ini adalah hari pertama dari hari raya Paskah, yang dimulai pada pukul enam sore, dan berlangsung tujuh hari. Hari Kamis Putih ini juga disebut Kamis Suci.

Ritual perjamuan malam setelah ini pada setiap misa diperingati sebagai perayaan Ekaristi atau Perjamuan Kudus. Pada misa malam ini, Pastor juga mencuci kaki umat sebagai peringatan Yesus yang mencuci kaki para muridnya dalam perjamuan terakhir, pelayanan Yesus di dunia sebelum kematian-Nya.

Menurut Pastor Kepala Paroki Maria Ratu Damai Teluk Betung, RD Yohanes Kurniawan Jati, liturgi Kamis Putih lebih diperhatikan bagian ritus pembasuhan kaki.

“Pembasuhan jadi visualisasi kerendahan hati Allah dan pesan saling mengasihi, sehingga sedapat mungkin ritus ini disaksikan oleh umat,” pungkas Romo Jati. Hal itu diungkapkannya melalui pesan blackberry messenger pada Radio Suara Wajar beberapa saat lalu, Kamis 23 Maret 2016.***

Reporter : Robert

1209 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *