Rencana Pembangunan Kereta Bandara Ditargetkan Selesai Tahun ini

w750_h400px__1457546109

Ilustrasi

RADIO SUARA WAJAR – Untuk mendukung pembangunan Bandara Raden Inten II sebagai bandara internasional tahun 2017, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan membangun jalur kereta api (KA) Tanjungkarang–Bandara Radin Inten II Branti Lampung selatan guna mengurai kemacetan dan menata moda transportasi lebih baik.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui dinas perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung mendukung penuh rencana ini dengan menggelar pertemuan dengan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Selasa (8/3/2016).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung, Idrus Effendi mengatakan sesuai instruksi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, pembangunan harus selesai dilaksanakan di akhir tahun 2016 ini. “Janji Menteri dimulai sekarang dan akhir tahun selesai. Jadi konsepnya dari stasiun kereta api Tanjungkarang ke bandara, tapi nanti kalau berjalan bisa saja dikembangkan hingga ke Kotabumi. Yang pasti angkutan ini dari kota ke bandara,” jelas Idrus saat ditemui seusai salat gerhana Rabu (9/3/2016) di lingkungan Pemprov Lampung.

Mengenai awal pembangunannya, dishub menyerahkan sepenuhnya kepada dirjen perkeretaapian. Sementara mengenai konsep pembangunannya Dishub berharap ada penambahan jalur kereta baru sehingga tidak bersinggungan dengan trek yang lama.

“Saya baru pulang dari Jakarta, belum tahu hasil rapatnya seperti apa. Kita serahkan saja kepada mereka, yang pasti kereta bisa masuk ke bandara nanti sehari bisa beberapa kali sesuai dengan jadwal penerbangan. Pembangunan gak sebulan dua bulan, jadi kita usahakan tahun ini selesai sama seperti pembangunan bandara juga, jadi awal tahun 2017 sudah berjalan semua,” kata mantan Sekkab Pringsewu itu.

788 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *