Gembira dengan Perbedaan

RADIO SUARA WAJAR – Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) bekerjasama dengan Komisi Kepemudaan Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) menghelat acara bagi Orang Muda Katolik bertema “Gembira dengan Perbedaan” di kampus Unika Atma Jaya, Minggu (21/02/16). Acara ini juga berkolaborasi dengan mahasiswa Pastoran Atma Jaya. Acara terbagi menjadi tiga yaitu, talkshow, sosialisasi Indonesian Youth Day (IYD) 2016, dan Ekaristi Kaum Muda. Selain itu, juga menampilkan kelompok marawis dari Pondok Pesantren Hurin’in, Tanah Abang, Jakarta.

Pada acara utama yaitu talkshow menghadirkan pembicara Rm. Benny Susetyo (Sekretaris Dewan Nasional Setara), Surya Tjandra (Dosen Fak. Hukum Unika Atma Jaya & Pegiat Antikorupsi dan Perburuhan Indonesia), dan Yunita (Manajer Media Kreatif dan Kampanye Jakatarub-Jaringan Kerja Antarumat Beragama).

Rm Benny menjelaskan Tuhan menciptakan perbedaan, maka tidak perlu diperdebatkan perbedaan teologis antaragama. Ia mengajak orang muda untuk berpikir yang lebih luas, yaitu berkontribusi pada ruang publik, tidak hanya berada di zona nyaman saja. Misalnya, dengan menulis di media massa. Sehingga, terjadilah diskusi pada ranah publik. Karena, dialog kehidupan hanya ada bila iman diaktualisasikan dalam kehidupan.

Begitu halnya dengan Surya Tjandra yang menegaskan, orang muda harus berani untuk mengungkapkan pendapat dan beraksi demi hal yang lebih besar, seperti aksi kemanusiaan. Itulah yang membawa Surya menjadi calon pimpinan KPK. Ia mengajak orang muda untuk berani menjadi menjadi pemimpin. Karena pemimpin yang bodoh itu banyak, tetapi alangkah kasihannya, jika banyak orang pintar dan baik tidak menjadi pemimpin.

Rektor Unika Atmajaya, A Prasetyantoko, menyatakan bahwa Unika Atma Jaya mengajak orang muda untuk berkontribusi bagi bangsa melalui gerakan positif bagi lingkungan sekitar. Atma Jaya mendidik orang muda Katolik agar semakin peduli dengan sesama tidak hanya di lingkungan yang homogen tetapi juga plural.  (omknet)

 

427 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *