Seminar “Gereja Bunda Kerahiman”

Vikjend Keuskupan Tanjungkarang, Rm. YI Hariprabowo sedang menjelaskan materi dalam seminar “Gereja Bunda Kerahiman”

RADIO SUARA WAJAR – Rumah retret La Verna bersama beberapa pihak mengadakan seminar dengan tema “Gereja: Bunda Kerahiman” di gedung serba guna La Verna, Padang Bulan, Pringsewu, pada hari Minggu (21/02/16). Seminar ini diadakan dalam rangka menanggapi dan meneruskan seruan paus Fransiskus yang menetapkan tahun ini sebagai tahun Kerahiman Ilahi.

Hadir sebagai pembicara yakni vikjend keuskupan Tanjungkarang, RD. YI Hariprabowo dan RP. Al. Yudhistira SCJ. Bertindak sebagai master of ceremony dan sekaligus sebagai moderator yakni RP. FX. Joko Sulilo (RomLi), SCJ.

Rm. Yudis dalam pemaparan materinya mengajak peserta untuk berefleksi tentang belas kasih Allah dalam perjalanan Gereja. Rm. Hari mengajak peserta untuk menampakkan dan mengalami belas kasih Allah dalam kehidupan konkret, khususnya dalam konteks keuskupan Tanjungkarang.

Seminar ini diikuti oleh 268 peserta dari beberapa paroki di Keuskupan Tanjungkarang dan biarawan-biarawati.  Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.30 WIB. Metode yang digunakan dalam seminar ini adalah pemaparan materi, sesi dialog dari hati ke hati, dan diakhiri dengan perayaan Ekaristi. Di sela-sela acara ini, dinamika gerak dan lagu dari panitia menjadi penyegar suasana bagi semua yang hadir.

Perayaan Ekaristi menjadi puncak seminar ini. Dalam homilinya, romo vikjend mengajak umat untuk tidak hanya mau menikmati keindahan puncak gunung, namun harus berani kembali turun gunung dan hidup dalam kehidupan yang konkret, seperti Yesus dan para rasul. Modal untuk hidup dalam kehidupan harian adalah pengalaman ilahi di puncak gunung. (wicak)

 

592 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *