Ini Pesan Gubernur untuk Umat Hindu di Provinsi Lampung

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat memberikan sambuatan pada puncak perayaan Galungan dan Kuningan Se-Provinsi Lampung di Pura Kayangan Jagad Kherti Bhuana, Way Lunik Panjang, Sabtu 20 Februari 2016.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat memberikan sambuatan pada puncak perayaan Galungan dan Kuningan Se-Provinsi Lampung di Pura Kayangan Jagad Kherti Bhuana, Way Lunik Panjang, Sabtu 20 Februari 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Gubernur Lampung M Ridho Ficardo Sabtu 20 Februari 2016 hadiri puncak perayaan Galungan dan Kuningan Se-Provinsi Lampung. Acara berlangsung di Pura Kayangan Jagad Kherti Bhuana, Way Lunik Panjang.

Pada sambutannya Gubernur Lampung menyampaikan kerukunan beragama adalah bagian dari dasar pembangunan di suatu daerah. Tanpa adanya kerukunan rasanya pembangunan tidak akan berjalan secara maksimal.

Ridho mengajak kepada keluarga besar umat Hindu se-Provinsi Lampung untuk bersama-sama membangun dan menyamakan langkah serta persepsi dalam proses pembangunan di wilayah Sai Bumi Ruwa Jurai.

“Mengingat, periode pembangunan lima tahun bukanlah waktu yang cukup panjang untuk mewujudkan aspirasi dan ekspektasi masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan dukungan serta partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat yang merupakan modal sangat berharga bagi kemajuan kita bersama,” ajaknya.

Orang nomor satu di Lampung ini memaparkan, Hari Suci Galungan dan Kuningan adalah hari yang penuh makna. Hari berperangnya Dharma (kebaikan/kebenaran) melawan Adharma (keburukan).

“Kalau dulu dalam cerita pewayangan ada Rama dan Lesmana melawan Rahwana Pendawa melawan Kurawa. Tetapi di zaman sekarang ini kejadian cerita tersebut, sudah tidak ada lagi. Saat ini yang terpenting adalah kita bisa memerangi diri sendiri, menaklukan musuh-musuh dalam diri kita yang disebut SAD RIPU,” tuturnya.

Gubernur berpesan kepada umat hindu yang hadir agar senantiasa harus bisa lebih sabar, tolong-menolong dan menjaga kerukunan antar sesama umat Hindu dan menjaga keharmonisan dengan antar umat beragama lainnya, khususnya yang ada di Provinsi Lampung.

“Jika umat Hindu bisa melakukan hal tersebut, maka itulah sebenarnya kemenangan Dharma dengan hidup rukun dan harmonis antar umat beragama di Lampung yang kita cintai ini,” tutupnya.

Sebagai informasi, hadir dalam acara tersebut Ida Pedande Prof. Dr. Ida Bagus Gunada, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Lampung I Nengah Maharta, Perwakilan dari Kanwil Agama Provinsi Lampung, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatandan SDM Theresia Sormin. Selain itu, Kepala Biro Mental Setda Provinsi Lampung Irson Fadtricar, serta para pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Lampung dan para umat Hindu yang berasal dari seluruh wilayah di Provinsi Lampung.***

Reporter : Robert

 

926 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *