Cara Ampuh Atur Konsentrasi Kerja

RADIO SUARA WAJAR – Pernahkah Anda merasa cepat bosan dan sulit berkonsentrasi apabila melakukan sebuah pekerjaan? Kalau ya, tenang saja Anda tidak sendiri di Dunia ini.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Microsoft, rata-rata manusia dapat berkonsentrasi penuh selama 12 detik di tahun 2000, namun ternyata jumlah tersebut terus berkurang menjadi 8 detik hingga tahun 2013.

Konsentrasi penuh merupakan hal yang Anda perlukan agar pekerjaan Anda dapat terselesaikan dengan baik. Akan tetapi banyak orang yang sulit melakukan hal ini. Selain banyaknya distraksi yang datang dari berbagai tempat, pekerjaan yang begitu banyak justru kadang membuat Anda merasa kewalahan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda pakai agar dapat terus berkonsentrasi:

1. Menjadwalkan istirahat berkala

078960000_1439475426-otot5dunialari

Penelitian mengungkapkan, bahwa beristirahat sejenak secara berkala dari pekerjaan Anda justru dapat meingkatkan konsentrasi Anda dengan lebih baik.

Oleh karena itu pastikan Anda menjadwalkan waktu istirahat secara berkala, sehingga energi dan focus Anda dapat kembali terus terisi sepanjang hari.

2. Organisir Pekerjaan sesuai kemampuan

Setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing dalam bekerja. Agar dapat memanfaatkan kemampuan Anda sebaik mungkin, cobalah untuk memetakan kemampuan yang Anda miliki.

Anda dapat mencoba dengan membuat daftar sederhana dan mengira-ngira kapan sekiranya Anda memiliki fokus dan energi yang prima untuk menyelesaikan pekerjaan.

Strategi ini juga sangat berguna bahkan ketika Anda tidak memiliki waktu kerja yang fleksibel. Jika Anda dapat memprediksi kapan energi Anda sedang dalam kondisi prima, Anda pun dapat menyesuaikan pekerjaan mana yang sekiranya dapat Anda lakukan ketika itu.

3. Berlatih Mendengarkan musik

037387500_1438067842-7_wired_com

Sebagian besar dari kita mencoba untuk dapat mendengarkan berbagai tipe musik untuk dapat fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Nyatanya, cobalah untuk berlatih mendengarkan musik tanpa melakukan hal lain. Hal ini ternyata dapat membuat Anda lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi yang dimiliki.

Ketika Anda membersihkan pikiran dan membiarkan pikiran Anda hanya diisi hanya dengan musik, hal tersebut ternyata merupakan bentuk lain dari meditasi, di mana Anda pada dasarnya membersihkan “kekacauan” di pikiran dan fokus pada satu hal.

4. Tingkatkan minat pada pekerjaan yang sedang dilakukan

Cobalah untuk meningkatkan minat Anda ketika mengerjakan sebuah pekerjaan tertentu. Minat yang timbul ini nantinya ternyata dapat mendorong Anda untuk dapat lebih produktif serta meningkatkan konsentrasi yang dimiliki.

5. Menulis daftar gangguan

033267000_1440154108-5_ncsl_org

Cobalah tulis beberapa hal yang biasanya sering mengganggu Anda ketika sedang bekerja. Mengetahui dengan baik hal-hal apa saja yang dapat mengganggu konsentrasi dan produktivitas Anda ketika bekerja akan dapat menjadikan Anda lebih waspada terhadap hal-hal tersebut.

Nanti sekiranya hal-hal tersebut muncul lagi, Anda pun dapat mengantisipasinya dengan baik. Selamat mencoba!

 

335 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *