Salib IYD 2016 tiba di gereja Paroki Santa Maria Penolong Abadi Beteleme

RADIO SUARA WAJAR – Salib Indonesian Youth Day (IYD) 2016 tiba di gereja Paroki Santa Maria Penolong Abadi Beteleme pada Minggu (24/1/16) sekitar pukul 15.00 dari Paroki Santa Theresia Tentena yang bertepatan hari ketujuh Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristiani.

Salib IYD 2016 yang diantar pastor Paroki Santa Theresia Tentena, Pastor Yori Sandehang bersama rombongan disambut secara meriah.

Wakil ketua Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santa Maria Penolong Abadi Beteleme, Claurentinus Resi menjelaskan bahwa rombongan sekitar 20 orang yang terdiri dari pastor paroki, OMK dan Dewan Pastoral Paroki (DPP) dengan tiga mobil itu disambut tarian adat Suling Gendang khas Ende, Flores. Pastor rekan paroki Beteleme, Pastor Windy Tangkuman mewakili pastor paroki Fredy Samudia menerima salib di depan gereja.

Rombongan pembawa salib, kata Claurentinus, diarak sejauh 30 meter. Arak-arakan dikawal aparat kepolisian sektor (Polsek) Lembo yang berdekatan dengan gereja.

Setelah makan bersama dan istirahat, Misa dirayakan pukul 19.00. Doa Novena IYD dan Doa Persatuan Umat Kristen didoakan di malam itu.

Dalam khotbahnya, Pastor Windy memaknai hujan itu sebagai hujan berkat. Salib membawa berkat bagi daerah yang lama tidak diguyur hujan itu.

Setelah Misa, doa tetap dilanjutkan. Novena dilakukan sampai pukul 23.30.

Ia sangat terharu karena Pastor Windy dalam renungannya menceritakan sejarah salib IYD itu. Salib itu katanya dibuat oleh seorang Muslim di Gorontalo.

Pada Selasa (26/1), salib dibawa ke Luwuk (kevikepan Luwuk Banggai). Salib diperkirakan tiba di Luwuk, Rabu (27/1) pukul empat dini hari.

 

893 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *