Gubernur Lampung Temui Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat mempresentasikan potensi pariwisata di provinsi yang ia pimpin pada Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa 26 Januari 2016.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat mempresentasikan potensi pariwisata di provinsi yang ia pimpin pada Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa 26 Januari 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Pusat berkomitmen mendorong pengembangan sektor pariwisata di Lampung. Melalui upaya tersebut diharapkan mendongkrak pendapatan per-kapita daerah. Demikian disampaikan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya, saat bertatap muka dengan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Selasa (26/01) di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya secara tegas mengingatkan, dalam proses pengembangan sektor pariwisata di suatu daerah terdapat tiga aspek yang harus diperhatikan. Yakni pemasaran pariwisata, pengembangan akan suatu destinasi wisata dan pengembangan sumber daya manusia para pelaku wisata. Demikian dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana.

Terkait dengan pengembangan sumber daya manusia Arif Yahya menyebutkan, lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung yang bernaung dibawah Kementerian Pariwisata Indonesia memiliki berbagai prestasi.

“Lulusan STP Bandung 100 persen diserap oleh pasar, 30 persen lulusannya masuk ke pasar luar negeri. Kualitas lulusan STP ini unggulan karena banyak yang sudah masuk ke level manager,”papar Menteri Pariwisata.

Dalam pertemuan ini Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo juga menjelaskan proyeksi pengembangan pariwisata di Provinsi Lampung.

“Saat ini telah disusun visionary masterplan pengembangan pariwisata pantai Barat Lampung dan perencanaan detil kawasan destinasi wisata. Konsep ini bernilai penting dan dijadikan gerak awal pembangunan pariwisata,” ujar M.Ridho Ficardo.

Dikatakan Gubernur, tahun 2016 Pemprov Lampung meningkatkan dana promosi pariwisata sebanyak 60% dari tahun sebelumnya. “Hingga saat ini anggaran untuk promosi pariwisata kurang lebih sebesar 18 miliar. Harapannya pariwisata di Lampung makin dikenal masyarakat nasional hingga ke masyarakat internasional nantinya,” ujarnya.

Ridho menambahkan, sebagai upaya pembangunan sektor kepariwisiataan di Lampung, khususnya dalam kesiapan sumber daya manusia-nya jajaranya berencana akan membangun STP.

“Sudah dipersiapkan sekitar 20 – 30 hektar lahan di daerah kota baru yang akan diperuntukan bagi fasilitas gedung dan sarana pendukung Sekolah Tinggi Pariwisata di Lampung ini nantinya”, ungkapnya.

Menanggapi keseriusan Pemerintah Provinsi Lampung dalam pembangunan sektor Pariwisata, Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya menilai potensi wisata di Lampung ini sangat baik.

“Kementerian dalam hal ini Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Kepariwisataan nantinya akan segera menindaklanjuti pertemuan ini dengan kajian-kajian yang komprehensif,” dikatakan Arif Yahya dalam penutupnya.***

Reporter : Robert

609 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *