Cara Untuk Menyebarkan Kebaikan dalam Dunia Anda Saat ini

tumblr_lbrue1pOzr1qa7tc9o1_500RADIO SUARA WAJAR – Kebaikan adalah hal yang sangat sederhana yang dapat kita sebarkan ke dunia. Tapi kita seringkali kita melupakannya. Atau mungkin kita tidak ingat bagaimana kebaikan bisa membantu kita semua.

Berikut ini adalah tiga hal yang bisa menjadi perhatian kita dan seharusnya membantu kita untuk melakukan suatu kebaikan :

  • Kita mendapatkan apa yang kita berikan. Ya, beberapa orang mungkin tidak tahu berterima kasih, tidak senang dan tidak peduli apa yang anda lakukan. Tapi kebanyakan orang akan memperlakukan anda seperti anda memperlakukan mereka.
  • Dengan menjadi ramah terhadap orang lain kita cenderung lebih ramah terhadap diri sendiri. Ini mungkin terdengar agak aneh tapi ketika kita ramah terhadap orang lain maka harga diri kita akan naik dan kita berpikir lebih tinggi tentang diri kita.
  • Ini hanyalah sekedar membuat dunia kita yang kecil ini menjadi tempat yang lebih baik dan lebih bahagia untuk ditinggali.

Jadi bagaimana anda bisa mulai menyebarkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah 15 cara untuk melakukannya.

Pilih salah satu dari tindakan di bawah ini yang paling sesuai dengan anda dan mulai menyebarkan kebaikan hari ini.

1. Ungkapkan rasa syukur anda.

Pikirkan tentang apa yang dapat anda syukuri tentang seseorang dalam hidup anda. Mungkin ia adalah seorang pendengar yang baik, mudah dan cepat untuk menolong, atau sekedar menahan pintu untuk anda.

Kemudian ungkapkan rasa terima kasih anda dengan secara sederhana mengatakan “terima kasih!” atau bisa juga dalam satu-dua kalimat tulus.

2. Tidak menghakimi.

Tidak ada orang yang suka untuk dihakimi. Dan semakin anda menghakimi orang lain semakin anda cenderung menghakimi diri sendiri. Jadi, meskipun anda memperoleh manfaat sementara yang berasal dari sikap menghakimi tersebut, namun sangat tidak baik untuk kebiasaan jangka panjang anda.

3. Tidak memberikan kritik yang menjatuhkan.

Dibanding mengkritik seseorang secara berlebihan, lebih baik memberikan ia semangat. Ini akan membantu orang dalam meningkatkan harga diri mereka maupun melakukan pekerjaan yang lebih baik. Selain itu, juga akan membuat hal-hal menjadi lebih menyenangkan dan hati menjadi lebih ringan dalam jangka panjang.

4. Tempatkan diri anda pada posisi orang lain.

Sangat mudah untuk melihat keburukan ketika anda melihat hal-hal hanya dari perspektif anda. Dua pertanyaan yang akan membantu anda melihat dan lebih memahami sudut pandang yang lain:

  • Bagaimana saya berpikir dan merasakan jika saya berada dalam posisinya?
  • Apa bagian dari orang itu yang dapat saya lihat dalam diri saya?
5. Ingatlah bagaimana kebaikan orang lain kepada anda

Hanya duduk selama beberapa menit dan mencoba untuk mengingat satu atau beberapa kebaikan orang lain yang benar-benar menyentuh dan membantu anda keluar dari masalah.

Kemudian pikirkan tentang bagaimana anda dapat melakukan hal-hal yang sama bagi seseorang dalam hidup anda.

6. Tunjukkanlah kebaikan terhadap hal-hal yang sering kali kita sepelekan

Mudah sekali memberikan atau menunjukan kebaikan pada seseorang yang sedang mengalami kesusahan atau baru saja menyelesaikan proyek penting.

Tapi ingatlah untuk juga memberikan kebaikan pada orang yang setiap hari menyediakan makan malam kita dengan penuh cinta. Atau untuk datang tepat waktu setiap hari, melakukan pekerjaan mereka dengan baik dan memenuhi tenggat waktu.

7. Sembunyikan catatan kebaikan yang mengejutkan

Tinggalkan catatan kecil dengan kalimat yang penuh kasih atau semangat dalam kotak makanan, tempat minum atau buku yang sedang dibaca oleh pasangan atau anak anda. Tindakan kecil ini akan memberikan senyuman di wajahnya, keceriaan serta motivasi dalam hatinya.

8. Hadirlah di sana.

Dengarkan- jangan berpikir tentang hal lain – ketika seseorang perlu melampiaskan kekesalannya. Hadirlah di sana dengan segala jiwa dan raga serta dengarkan dengan penuh perhatian. Atau lakukan percakapan dan bantu seseorang menemukan jalan keluar nya dengan pemikiran yang konstruktif dan membumi.

9. Ingatlah kebaikan kecil juga.

Biarkan orang menyusul anda ketika menyetir, mungkin ia sedang terburu-buru karena terlambat. Berikan kursi anda kepada seorang tua ketika anda berada dalam bus/kereta yang penuh. Bantulah seseorang menyebrang jalan yang ramai. Tawarkan bantuan kepada seseorang yang terlihat bingung melihat sekitar sambil memegang peta. Dan masih banyak lagi bentuk kebaikan kecil yang mungkin selama ini anda acuhkan.

10. Berikan seseorang sesuatu yang menggembirakan.

Seseorang dalam hidup anda mungkin mengalami masa-masa yang sulit saat ini. Kirimkan dia sebuah buku atau film inspirasional. Atau sekedar kirimkan email yang berisi link pada sesuatu yang inspiratif yang telah anda temukan, seperti blog atau artikel.

11. Memberikan bantuan praktis pada seseorang.

Memberikan mereka bantuan praktis atau turun tangan langsung dengan membantu mereka mempersiapkan makan malam atau pesta misalnya. Jika mereka membutuhkan informasi, maka bantulah dengan googling atau dengan menanyakan pada orang-orang berpengetahuan yang anda tahu.

12. Membantu orang-orang dalam hidup anda untuk membuat perbedaan dalam hidupnya.

Ketika anda berbicara dengan seseorang tentang harinya atau apa yang telah terjadi akhir-akhir ini maka pastikan untuk menunjukkan padanya bagaimana ia juga telah menyebarkan kebaikan dan nilai-nilai. Orang seringkali tidak menyadari hal-hal positif yang mereka lakukan atau mereka telah membatasi diri dalam pikiran mereka.

Jadi bantu mereka untuk melihat diri mereka sendiri dalam cahaya yang lebih positif dan juga membantu untuk meningkatkan harga diri mereka.

13. Ingatlah 3 alasan kebaikan di awal artikel ini.

Ini akan membantu anda untuk menjadi lebih ramah bahkan ketika anda mungkin tidak selalu merasa seperti itu. Jika anda menyukai, anda bisa menulis alasan-alasan tersebut di atas selembar kertas dan menaruhnya di mana anda dapat melihatnya setiap hari.

14. Membalas kebaikan.

Ketika seseorang melakukan sesuatu yang baik untuk anda – tidak peduli seberapa besar atau kecil – kemudian cobalah untuk membalasnya di depan dengan bersikap baik terhadap orang lain secepat yang anda bisa.

15. Jadilah ramah terhadap diri sendiri.

Setelah anda ramah pada diri sendiri, anda akan secara alami memperlakukan orang lain dengan lebih banyak kebaikan juga. Ini adalah tentang kebiasaan menang-menang (win-win habit).

Cara mudah untuk menjadi lebih ramah terhadap diri sendiri adalah dengan menuliskan 5 hal yang anda hargai tentang diri anda dan apa yang telah anda lakukan di hari tersebut dalam sebuah jurnal.

 

660 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *