Pemprov Lampung akan menggalakan demam pariwisata

Wakil Gubernur Bachtiar Basri (tengah) saat memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Kepariwisataan di Ruang Abung Balai Keratun Komplek Kantor Gubernur Lampung, Kamis 14 Januari 2016.

Wakil Gubernur Bachtiar Basri (tengah) saat memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Kepariwisataan di Ruang Abung Balai Keratun Komplek Kantor Gubernur Lampung, Kamis 14 Januari 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung serius dalam menggiatkan industri pariwisata di Lampung, hal ini tergambar hari ini (14/01) pada Rapat Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Kepariwisataan. Acara berlangsung di Ruang Abung Balai Keratun Komplek Kantor Gubernur Lampung.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana rapat yang dipimpin Wakil Gubernur Bachtiar Basri ini membahas beberapa point penting dalam proses pengembangan pariwisata di Lampung.

“Diantaranya akan dipersiapkan konsep sistem industri pariwisata yang terintegrasi antar masing-masing sektoral, dimana salah satu kelemahan dalam pengembangan sektor wisata adalah masih kurangnya koordinasi lintas sektoral dan pemahaman akan pentingnya peran pariwisata dalam sebuah proses pembangunan,” ujar Wagub Bachtiar.

Bachtiar Basri mengatakan akan membangun sistem pengelolaan kepariwisataan yang mengintegrasikan sektor satu dengan yang lainnya, agar tercipta industri pariwisata yang baik dalam tatanan pengelolaannya.

Bachtiar Basri mengungkapkan persoalan pariwisata itu bukan hanya tanggung jawab dinas pariwisata saja, tetapi semua sektor dan semua pihak yang terkait. Mulai dari pemerintah, pemilik hotel, restaurant, pengelola tempat wisata hingga organisasi wadah para pelaku dan penggiat wisata di Lampung.

“Tentunya memang perlu adanya suatu komitmen yang kuat dari masing-masing pihak dalam memajukan pariwisata di Lampung, dalam waktu dekat pihaknya akan menyiapkan MoU sebagai satu langkah awal mewujudkan komitmen tersebut,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Pemerintah Provinsi Lampung Bidang Pariwisata Idrus Djaendar Muda mengatakan agar kiranya pemangku kepentingan terkait mempunyai sense of tourism. Yaitu sikap peka dan peduli akan potensi-potensi pariwisata yang ada di Provinsi Lampung.

“Langkah awalnya konkritnya adalah dengan mengetahui akan potensi pariwisata yang ada” ujarnya.

Dikatakan kembali oleh Idrus Djaendar Muda bahwa peran pemerintah dalam kemajuan sektor pariwisata cukup besar, namun juga sektor tidak akan berjalan serta merta demikian.

“Karena dibutuhkan kerja sama yang baik antara pelaku pariwisata, karena sifatnya pemerintah memfasilitasi dan tetap yang akan menikmati para pelaku pariwisata itu sendiri” ujar mantan Sekda Provinsi Lampung ini.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah hadir dalam rapat koordinasi lintas sektor penyelenggaraan kepariwisataan ini Staf Ahli Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Budiharto, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Choriah Pandarita serta para pemilik restaurant, hotel dan tempat wisata yang ada di Provinsi Lampung.***

Reporter : Robert

592 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *