Kapolri Ganti Tujuh Kapolda di Awal 2016

334953_kapolri-pimpin-apel-sertijab-kabareskrim-dan-sejumlah-kapolda_663_382

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti saat memasang tanda pangkat kepada Komjen Budi Waseso di Rupatama Mabes Polri, Senin (07/09/2015).

RADIO SUARA WAJAR – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Badrodin Haiti, telah merotasi sejumlah pejabat menengah (Pamen) Polri dan para Petinggi (Pati) Polri, termasuk pergantian jabatan tujuh Kapolda di seluruh Indonesia.

Rotasi ini terlihat dalam salinan Telegram/2718-2718/XII/2015 tertanggal 31 Desember 2015 yang ditandatangani oleh Wakapolri, Komjen Pol Budi Gunawan mewakili Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti.

“Benar ada tujuh Kapolda yang dirotasi,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Agus Rianto, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat 1 Januari 2016.

Jenderal bintang satu itu mengungkapkan tujuh Kapolda yang dimutasi bertugas di Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jambi, Lampung, Sumatera Barat, dan Maluku.

Kapolda Kepulauan Riau (Kepri), Brigadir Jenderal Polisi Arman Depati, akan menduduki jabatan baru sebagai Deputi Pemberantasan di Badan Narkotika Nasional (BNN).

Posisi Kapolda Kepri akan diisi oleh Brigjen Pol Sambudi Gusdian, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Korp Lalu Lintas (Wakakorlantas) Polri.

Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Iza Fadri, akan menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Politik Kapolri. Sementara itu, jabatan Kapolda Sumsel akan diisi oleh Irjen (Pol) Djoko Prastowo, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Keamanan (Wakabaintelkam).

Sementara itu, Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigjen Pol Endang Sunjaya, akan menduduki jabatan baru, yaitu Inspektur Wilayah III Inspektorat Pengawasan Umum Polri. Jabatan Kapolda NTT akan diisi oleh Widyo Sunaryo, yang tengah menjabat Kepala Divisi Hubungan International Mabes Polri.

Untuk Kapolda Jambi Berigjen Pol Lutfi Lubhihanto akan digantikan oleh Brigadir Jenderal (Pol) Musyafak yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Tengah. Sedangkan Lutfi akan menduduki Wakabaintelkam.

Kapolda Lampung Brigjen Pol Edwarsyah Pernong akan digantikan oleh Brigjen Pol Ike Edwin yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sulselbar. Sedangkan jabatan Edwarsyah akan menjabat sebagai analisis Kebijakan Utama Sahli Kapolri.

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Bambang Sri Herwanto menduduki jabatan baru sebagai Direktur Program Sekolah Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK). Jabatan Kapolda Sumbar akan diisi oleh Brigjen (Pol) Basarudin, sebelumnya menjabat Watpres SDM Polri.

Kapolda Maluku Brigjen Pol Murad Ismail akan diganti oleh Brigjen Pol Ilham Salahudin yang sebelumnya Ilham menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara. Sedangkan Murad menduduki Kepala Korp Brigadir Mobil (Kakor Brimob).

Namun, Agus tak merinci kapan para jajaran Kapolda akan melakukan serah terima jabatan tersebut.

“Saya belum tahu, nanti dikasih tau lagi,” ujar dia.

379 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *