Ekonomi Lampung Meningkat 5,18 Persen

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo pada Seminar Lampung Economic Outlook 2016 di Ruang Auditorium Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, Senin (21/12/2015).

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo pada Seminar Lampung Economic Outlook 2016 di Ruang Auditorium Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, Senin (21/12/2015).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pertumbuhan Ekonomi Lampung tercatat terus meningkat yakni sebesar 5,18%. Pertumbuhan tersebut merupakan kedua tertinggi di Sumatera setelah Provinsi Kepulauan Riau.

Demikian disampaikan oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo pada Seminar Lampung Economic Outlook 2016 di Ruang Auditorium Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, Senin (21/12/2015).

“Pertumbuhan ini tercatat lebih baik dibandingkan beberapa Provinsi lainnya di Sumatera yang mengalami pertumbuhan yang negatif dan Pertumbuhan ini didorong oleh kegiatan konsumsi rumah tangga seiring dengan masih terjaganya daya beli masyarakat di tengah tingkat inflasi yang masih terkendali”, jelasnya.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, lebih lanjut Gubernur menjelaskan bahwa dari sisi sektoral, kinerja ekonomi Lampung pada tahun 2015 disumbang oleh pertumbuhan pada sektor Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, sektor Industri Pengolahan dan sektor Transportasi dan Pergudangan. Ketiga sektor tersebut memiliki pangsa sekitar 57% dari total PDRB Lampung sehingga menjadi penyumbang utama pertumbuhan ekonomi Lampung.

Selain itu Gubernur juga menambahkan dalam rangka mendukung pembangunan jalan tol, Pemerintah Provinsi Lampung juga melakukan pembangunan Kawasan Industri di 3 (tiga) kawasan yaitu Kawasan Industri Maritim (KIM) di Tanggamus, Kawasan Industri Register I di Lampung Selatan, Kawasan Industri yang terkoneksi dengan pembangkit listrik Batubara Mulut Tambang dan pelabuhan di Mesuji serta Pengembangan Kawasan Industri Lampung (KAIL). Selain itu, Pemerintah Provinsi Lampung juga berencana untuk melakukan pengembangan kawasan pariwisata sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak sektor Pariwisata.

Selanjutnya, adanya MoU antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota se-lampung tentang sinergitas pembangunan Provinsi Lampung tahun 2015 yang akan menjadi payung kerjasama.

” Dengan adanya MoU tersebut, diharapkan program pembangunan di setiap kabupaten/kota di Provinsi Lampung juga dapat bersinergi dengan pembangunan jalan tol Trans Sumatera sehingga Provinsi Lampung mendapatkan dampak positif yang lebih besar”, tambahnya.

Lebih lanjut Gubernur berharap dukungan dan kerja sama semua pihak dalam rangka percepatan Pembangunan Ekonomi di Provinsi Lampung.

“Program pembangunan yang sudah begitu matang tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila tidak mendapatkan dukungan dari pengambil kebijakan maupun para pelaku ekonomi”, tambahnya.***

Reporter : Robert

471 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *