Besok 17 Desember 2015 Pemprov Lampung Luncurkan Program Gerbang Desa

Rapat Sinkronisasi Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Lampung di Ruang Rapat Bappeda, Rabu (16/12/2015).

Rapat Sinkronisasi Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Lampung di Ruang Rapat Bappeda, Rabu (16/12/2015).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung kian fokus dalam menanggulangi kemiskinan secara komprehensif dan terpadu dengan program percepatan pembangunan desa. Hal ini terbukti diselenggarakannya Rapat Sinkronisasi Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Lampung di Ruang Rapat Bappeda, Rabu (16/12/2015).

Dalam arahannya Asisten Bidang Kesra menjelaskan, Rapat ini digelar dalam rangka menentukan Program Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2015 – 2019 serta menentukan target, sasaran, dan sinergi program dalam penanggulangan kemiskinan di Provinsi Lampung.

“Untuk itu Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo telah membentuk Tim Penanggulangan Kemiskinan di Provinsi Lampung dimana sebagian besar anggotanya adalah SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Sehingga setiap SKPD memiliki peran dalam penanggulangan Kemiskinan di Provinsi Lampung”, jelasnya.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, Asisten Bidang Kesra Elya Muchtar menambahkan, Pemerintah Provinsi Lampung telah mengeluarkan Program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) sebagai upaya penanggulangan kemiskinan di Provinsi Lampung. Program ini merupakan suatu gerakan guna meningkatkan kerjasama dan peran aktif masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan dan penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat dengan semangat kekeluargaan dan gotong rotong menuju Provinsi Lampung yang maju dan sejahtera.

“Rencananya program ini akan dilaunching besok (17/12) di Desa Gedung Harapan Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Tahun ini akan dilaunching sekitar 30 desa dan pada tahun 2016 sebanyak 70 desa”, tambahnya.

Diana Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung telah melaksanakan berbagai program dalam rangka mendukung penanggulangan kemiskinan tersebut. Diantaranya dengan melaksanakan Program Peningkatan Penerapan Teknologi Peternakan Desa Saburai di Kabupaten Tanggamus.

“Selain itu juga melaksanakan Swasembada daging sapi dan peningkatan penyediaan pakan hewan serta penanaman dan pengembangan pakan ternak berkualitas di Desa Tiga Jaya Kabupaten Lampung Barat”, ujarnya.

Selain itu Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan menjelaskan bahwa pada Tahun 2016 pihaknya akan menetapkan sasaran desa dalam pelaksanaan Program Pengembangan Desa Mandiri Pangan. “Daerah-daerah yang ditetapkan dalam program ini adalah daerah yang rawan pangan”, tambahnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah, Pemerintah Provinsi Lampung akan kembali menggelar rapat pada akhir Desember dalam rangka pemantapan Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Provinsi Lampung. Rapat ini dihadiri oleh sejumlah perwakilan SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.***

Reporter : Robert

756 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *