10 Desember, Hari Hak Asasi Manusia Internasional

10-desember-hari-hak-asasi-manusia-internasional-lTQLaMu1PzRADIO SUARA WAJAR – Dunia memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional yang jatuh setiap tanggal 10 Desember. Penetapan tanggal tersebut adalah untuk memperingati pengadopsian Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada 1948 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada 1950, Majelis Umum menerbitkan resolusi 423 yang isinya mengimbau semua negara anggota dan organisasi PBB untuk setiap tahunnya mengingat 10 Desember sebagai Hari HAM Internasional.

Pada 2015, peringatan Hari HAM Internasional akan diperingati dengan meluncurkan kampanye untuk jangka waktu satu tahun ke depan. Kampanye ini untuk memperingati 50 tahun Perjanjian Internasional untuk HAM, yaitu: Perjanjian Internasional di Bidang Ekonomi, Sosial, dan Budaya serta Perjanjian Internasional di Bidang Hak-Hak Sipil dan Politik.

Perjanjian tersebut mulai diadopsi pada 16 Desember 1966 oleh Majelis Umum PBB. Perjanjian tersebut, bersama dengan deklarasi pada 1948, menetapkan HAM dasar bagi setiap manusia, yakni: hak-hak sipil, politik, budaya, ekonomi, dan sosial.

“Pada Hari HAM, mari kita berkomitmen kembali untuk menjamin kebebasan dan melindungi hak-hak asasi setiap manusia di dunia,” ujar Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mengutip dari situs resmi PBB, Kamis (10/12/2015).

“Hak kita. Kebebasan Kita. Selalu.” adalah jargon yang dipilih PBB untuk kampanye HAM selama satu tahun ke depan. Jargon tersebut bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan perhatian pada Perjanjian Internasional yang diteken 50 tahun lalu.

Kebebasan berpendapat, kebebasan beribadah, kebebasan dari kemiskinan, dan kebebasan dari rasa takut dipilih sebagai hal yang akan dikampanyekan selama setahun ke depan. Kebebasan-kebebasan tersebut dipandang relevan dan sejalan dengan dua Perjanjian Internasional yang diteken dan mulai diadopsi 50 tahun lalu.

 

1158 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *