Provinsi Lampung siap menjadi Lumbung Darah Nasional

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam acara HUT PMI ke-70 Provinsi Lampung di Gedung UTD Pembina PMI, Jumat (20/11/2015).

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam acara HUT PMI ke-70 Provinsi Lampung di Gedung UTD Pembina PMI, Jumat (20/11/2015).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Provinsi Lampung siap menjadi Lumbung Darah Nasional serta menjadikan Donor Darah sebagai Gaya Hidup. Demikian disampaikan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam acara HUT PMI ke-70 Provinsi Lampung di Gedung UTD Pembina PMI, Jumat (20/11/2015).

“Pemerintah Provinsi Lampung akan mengkaji konsep untuk melakukan kegiatan donor darah secara berkelanjutan di setiap SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, sehingga tidak menutup kemungkinan Lampung menjadi daerah Lumbung Darah”, jelasnya.

Lebih lanjut Gubernur menjelaskan dalam kunjungan Ketua Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla dan Mar’ie Muhammad beberapa waktu lalu ke UTD Pembina PMI Provinsi Lampung mengungkapkan, UTD Pembina PMI Provinsi Lampung ini merupakan yang terbaik di Indonesia dari segi teknik dan pelayanannya. Hal tersebut terbukti dengan adanya kunjungan studi banding dari pengurus PMI beberapa daerah di sumatera, seperti Aceh dan Padang.

Selain itu PMI Provinsi Lampung dalam kurun waktu 5 -10 tahun yang lalu, telah bekerjasama dengan baik dengan beberapa Palang Merah Negara Sahabat. Diantaranya kerjasama dengan Palang Merah Amerika dalam menangani Program Flu Burung dan Palang Merah Canada dalam Program Pengurangan Resiko Terpadu Berbasis Masyarakat (PERTAMA) di PMI Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“PMI Provinsi Lampung juga berkerja sama dengan PMI Kota Metro dan PMI Kota Bandar Lampung, serta UNICEF. Yakni menangani Program Penyadaran Masyarakat dalam Pemberantasan Malaria dan Pembagian Kelambu di beberapa PMI kabupaten/kota se-Provinsi Lampung”, jelasnya

Dalam kesempatan yang sama Ketua PMI Provinsi Lampung, Umar Hasan juga menyebutkan, Universitas Lampung telah mengikrarkan diri sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung sebagai Lumbung Darah.

“Unila saat ini memiliki 25.000 orang. Sudah memiliki ruang transfusi darah dengan kapasitas 6 orang, yang secara rutin di setiap bulannya menghasilkan 200-300 kantong serta secara periodik mengadakan donor darah massal.

Atas Jasa-jasanya tersebut PMI pada kesempatan ini memberikan Penghargaan kepada Rektor Universitas Lampung yang telah menjadikan Universitas Lampung sebagai Lumbung Darah”, jelasnya.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, Pemerintah Provinsi Lampung senantiasa mendorong Upaya yang dilakukan oleh PMI Provinsi Lampung dalam Pelayanan Darah Transfusi yang dilaksanakan oleh UTD Pembina PMI Provinsi Lampung dalam hal pengerahan dan pelestarian donor, pengambilan darah, pengolahan komponen darah, uji saring infeksi, penyimpanan dan pendistribusian darah transfusi ke Bank Darah RS (BDRS) atau Rumah Sakit-Rumah Sakit.

Selain dapat mendonorkan darah melalui Unit Transfusi Darah (UTD) di PMI Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Lampung, PMI juga menyediakan kemudahan lainnya dengan Pelayanan Mobil Donor Darah dengan harapan akan memudahkan masyarakat untuk mendonorkan darahnya di tempat-tempat publik dan pusat-pusat keramaian di tengah kota, yaitu Mall dan Kampus.

“Sebagai penghargaan terhadap para Donor Darah Sukarela (DDS), PMI memberikan piagam penghargaan kepada DDS yang telah menyumbangkan darahnya sebanyak 15 kali, 30 kali, 50 kali, 75 kali, dan 100 kali. Khusus untuk DDS 100 kali, Pemerintah Provinsi Lampung telah memberikan rekomendasi untuk mendapatkan penghargaan berupa Satyalancana Kebhaktian Sosial yang disematkan langsung oleh Presiden RI”, tambahnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah, hadir dalam kesempatan ini Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Lampung Elya Muchtar, Rektor Universitas Lampung Sugeng P Harianto, Ketua PMI Provinsi Lampung H.Umar Hasan, Komandan Korem 043 Garuda Hitam Kolonel Inf Joko P.Putranto M.SC, Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo.***

Reporter : Robert

616 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *