Pemprov Lampung Segera Merealisasikan Pembangunan Bendungan Way Sekampung

ADEHAM

Asisten Bidang Ekbang Pemerintah Provinsi Lampung Adeham (tengah) didampingi sejumlah pejabat di Kabupaten Pringsewu, Rabu (4/11/2015).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung mulai mensosialisasikan pengadaan tanah untuk Pembangunan Bendungan Way Sekampung. Sosialisasi digelar di GSG Pekon Bumiratu Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu dengan dipimpin oleh Asisten Bidang Ekbang Pemerintah Provinsi Lampung Adeham didampingi sejumlah pejabat di Kabupaten Pringsewu, Rabu (4/11/2015).
Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, pada arahannya Adeham menjelaskan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut Keputusan Gubernur No G/503/B.I/HK/2015 tanggal 20 Oktober 2015 tentang Pembentukan Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Bendungan Way Sekampung.
“Tim persiapan yang telah dibentuk akan melakukan sosialisasi selama dua hari, hari ini (4/11) di Kabupaten Pringsewu dan besok (5/11) akan dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus”, jelasnya.
Adeham menjelaskan rencana pembangunan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu berdasarkan tinjauan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Lampung. Hal ini sebagaimana yang telah diatur dalam Perda Provinsi Lampung No.1 Tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Lampung 2009-2029.
“Penguatan terhadap pembentukan struktur ruang Pringsewu karena dapat dimanfaatkan sebagai sumber air baku penduduk di Kabupaten Pringsewu serta pengembangan industri pariwisata, agroindustri, industri perikanan, industri peternakan, dan aneka industri lainnya”, jelasnya
Kabag Humas Heriyansyah menambahkan rencana pengadaan tanah bendungan Way Sekampung dibangun untuk meningkatkan pemanfaatan debit Way Sekampung dan meningkatkan fungsi Waduk Batutegi dalam melayani kebutuhan air.
“Sehingga pembangunan bendungan Way Sekampung kedepan dapat meningkatkan ketersediaan air, mengurangi banjir di bagian hilir serta memperkuat Ketahanan Pangan Nasional khususnya Provinsi Lampung”, jelasnya.
Lebih lanjut Adeham juga menghimbau kepada aparat, pamong desa, masyarakat serta pihak terkait lainnya untuk dapat mendukung sepenuhnya pembangunan Bendungan Way Sekampung ini demi meningkatkan kehidupan masyarakat sekitar.
Rencananya Pembangunan Bendungan Way Sekampung akan melalui Kabupaten Pringsewu dengan Kecamatan Pagelaran, Pagelaran Utara dan Banyumas serta Kabupaten Tanggamus meliputi Kecamatan Pugung.***

Reporter : Robert

1066 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *