Kunjungan Perdana Paus Fransiskus ke Kenya dan Uganda Ditunda

adf014e0-143d-4879-859a-ee3f66db8499

Paus Fransiskus

RADIO SUARA WAJAR – Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan ke Republik Afrika Tengah (CAR). Kunjungan tersebut sedianya akan berlangsung akhir November ini namun harus dibatalkan. Dilansir dari AFP, Selasa (3/11/2015), Vatikan mengatakan pembatalan tersebut terjadi karena konflik masih terjadi di ibu kota negara tersebut. Akan tetapi Paus Fransiskus tetap akan pergi kesana.

“Kunjungan Paus ke CAR tetap pada program. Paus sangat menginginkan pergi kesana,” ujar wakil juru bicara Vatikan Ciro Benedettini kepada AFP.

Paus diharapkan tetap bisa datang di negara bekas koloni Perancis pada tanggal 28-29 November. Selain itu, Paus Fransiskus juga akan berkunjung ke Kenya dan Uganda. Tur selama enam hari yang dimulai pada tanggal 25 November ini, merupakan tur pertama Paus ke Benua Afrika. Akan tetapi Paus pada akhir pekan ini mengisyaratkan bahwa perjalanan tersebut harus dibatalkan akibat konflik antara Kristen dan Muslim di ibu kota Bangui.

Setidaknya 61 orang tewas dan lebih dari 300 orang terluka dalam bentrokan sekterian pada akhir September lalu di Bangui. Bentrokan tersebut terjadi sebelum PBB dan pasukan penjaga perdamaian Perancis turut campur dalam memulihkan ketenangan.

Akhir pekan lalu, kekerasan antara warga mayoritas Kristen dan anggota minoritas Muslim kembali terjadi. Sedikitnya lima orang tewas dan lebih dari 100 rumah dibakar. Presiden interim CAR Catherine Samba-Panza menyerukan pasukan internasional harus ditempatkan di negara tersebut. Tindakan ini dibuat dalam rangka membuat Kota Bangui menjadi tempat yang kudus menjelang kedatangan Paus Fransiskus.(detik.com)

 

805 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *