Dari AS, Badak Sumatera Pulang Kampung Untuk Cari Pasangan

151102024131_badak_624x351_ap_nocreditRADIO SUARA WAJAR – Badak Sumatera yang lahir di kebun binatang Amerika Serikat diterbangkan ke Indonesia untuk mencari pasangan, sebagai bagian dari upaya pelestarian hewan yang terancam punah itu.

Badak jantan yang diberi nama Harapan ini berusia delapan tahun dan lahir di Cincinnati. Dia adalah badak Sumatera terakhir yang berada di dunia barat. Para peneliti berharap dia akan kawin dengan badak betina di habitatnya yang dilindungi.

Badak Sumatera terancam oleh penebangan hutan berskala besar dan perburuan untuk diambil culanya. Para peneliti percaya bahwa saat ini populasi mereka hanya kurang dari 100 di alam liar. Harapan menempuh perjalanan sejauh 16.000 km melalui darat, udara, dan laut, untuk mencapai Taman Nasional Way Kambas.

Saudara perempuannya, Suci, sebelumnya tinggal bersama Harapan di Kebun Binatang Cincinnati tetapi meninggal karena sakit tahun lalu. Perjalanan Harapan menandai berakhirnya program Kebun Binatang Cincinnati untuk mengembangbiakkan badak di penangkaran. Badak Sumatera merupakan spesies badak berukuran paling kecil dan satu-satunya badak Asia yang memiliki dua cula.(bbc.com)

 

586 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *