Sambut Pemilukada, Pemprov Lampung Sosialisasikan Kebijakan dan Bimbingan Teknis Data Base Kependudukan

Sekda Provinsi Lampung Arinal Djunaidi pada Sosialisasi Kebijakan dan Bimbingan Teknis Data Base Kependudukan, di Gedung Pusiban, Selasa (22/9).

Sekda Provinsi Lampung Arinal Djunaidi pada Sosialisasi Kebijakan dan Bimbingan Teknis Data Base Kependudukan, di Gedung Pusiban, Selasa (22/9).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Dalam rangka mensukseskan Pemilukada serentak di delapan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung pada Desember 2015 mendatang, Biro Tata Pemerintahan Umum Pemerintah Provinsi Lampung menggelar acara Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Bimbingan Teknis Data Base Kependudukan, di Gedung Pusiban, Selasa (22/9).

Menurut Kepala Biro Tapum Yudhi Hermanto, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapabilitas dan kemampuan teknis Tenaga Administrator Database Kependudukan baik di tingkat kabupaten/kota maupun Provinsi terkait dengan pengelolaan operasional Database Kependudukan dan Pencetakan KTP Elektronik.

“Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil harus dilakukan dengan menyediakan data dan informasi skala nasional dan daerah mengenai hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang akurat, lengkap, mutakhir dan mudah diakses, serta mewujudkan peruntukan data secara sistematis melalui pengenal tunggal dengan tetap menjamin kerahasiaan”, jelasnya.

Lebih lanjut Karo Humas dan Protokol, Bayana menjelaskan dalam acara tersebut turut hadir nara sumber dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri Kristianto, Forkopimda Provinsi Lampung, Anggota KPU dan Bawaslu kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Bayana juga menjelaskan bahwa pada Desember 2015 mendatang ada sembilan provinsi dan 285 kabupaten/kota yan akan melaksanakan Pilkada serentak, sehingga diperlukan ketertiban administrasi dengan berbasis akurasi data kependudukan, ketunggalan NIK dan KTP Elektronik.

“Forum ini diharapkan dapan meningkatkan kerjasama dan kualitas Pemerintah Provinsi Lampung dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri dalam rangka visi tertib administrasi dan dapat dijadikan sebagai ajang bertukar pikiran, baik dengan rekan-rekan dari Pemerintah Provinsi Lampung, Kementrian, KPU dan Panwaslu”, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Provinsi Lampung Arinal Djunaidi juga mendukung berlangsungnya acara ini. Dalam sambutannya Arinal menekankan bahwa data yang akurat dibidang kependudukan berperan penting bagi kelancaran perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Informasi tentang kependudukan bermanfaat sekali untuk menjamin kepastian dan perlindungam hukum bagi setiap penduduk, sekaligus memberikan bahan analisis perkembangan kependudukan bagi proses penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan yang akan datang.

“Kedepan jangan ada lagi masyarakat yang masih menggunakan KTP sebagai kartu identitas diri, semua masyarakat harus menggunakan KTP Elektronik, karena semenjak 2015 KTP elektronik yang semula hanya berlaku 5 tahun menjadi berlaku untuk seumur hidup”, jelasnya.***

Reporter : Robert

579 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *