Tips Atasi Sering Terlambat Datang ke Kantor Dengan Ini!

late_for_work_454625RADIO SUARA WAJAR – Jarak tempuh dan kondisi kemacetan jalan raya kerap menjadi alasan yang dilontarkan saat Anda terlambat datang ke kantor. Sebuah survei terbaru oleh CareerBuilder menemukan fakta bahwa datang terlambat berakibat menurunnya produktivitas kerja karyawan. Dalam survey tersebut, CareerBuilder meneliti sebanyak 5000 koresponden yang terdiri dari manager, profesional bidang sumber daya manusia, serta karyawan dari berbagai perusahaan dan industri terbesar di Amerika. Anda selalu datang terlambat? Ikuti cara mudah berangkat kerja lebih awal, selamat mencoba!

1. Waktu Berhenti

Menurut Joel Garfinkle, penulis buku Getting Ahead : Three Steps To Take Your Career To The Next Level, datang terlambat membuat Anda harus bekerja ekstra menyelesaikan pekerjaan hingga larut malam. Jadi, Anda harus mulai tahu kapan harus berhenti bekerja.
Contoh nyata, bila Anda masih berada di kantor hingga pukul 8 malam, mulailah berhenti kerja 30 menit sebelumnya, yakni 7.30 malam. Pasang alarm untuk mengingatkan Anda untuk pulang dan berhenti bekerja. Manfaatkan sisa waktu 30 menit tersebut untuk berkomunikasi bersama rekan kerja dan atasan. Memahami jam kerja dapat memotivasi serta meningkatkan fokus kerja di kantor.

2. Jauhi Gadget dan Telepon Genggam

Sibuk bermain games atau eksis dengan akun sosial media saat jam kerja hanya akan menurunkan produktivitas. Seperti yang disarankan oelh Cali Yost Williams, ahli strategi kerja dan penulis buku Tweak It: Make What Matters to You Happen Every Day, “Letakkan gadget dan telepon genggam ke dalam laci atau tempat yang jauh dari jangkaun Anda. Cukup pasang nada dering khusus untuk panggilan dari atasan atau klien, serta terapkan nada dering diam atau silent untuk semua notifikasi akun sosial media yang menganggu konsentrasi.”

3. Berikan Istirahat Pada Otak

Bekerja tanpa henti hanya akan melelahkan fisik dan otak Anda. Berikan waktu istirahat pada otak secara proporsional. Manfaatkan waktu makan siang untuk mengistirahatkan otak Anda, seperti yang diungkaplan oleh Andrea Kay, Konsultan Karir. “Beristirahat selama 90 menit selama di kantor berfungsi memberi energi baru dan perspektif segar pada otak. Memaksakan kinerja otak berdampak terhadap gejala stres dan kurangnya konsentrasi,” ungkap Andrea.

4. Hindari email

Sibuk membaca dan membalas email saat waktu istirahat maupun saat bekerja hanya akan menganggu konsentrasi dan mengurangi ketelitian dan perhatian dalam bekerja. Atur waktu mengecek email minimal 2 jam sekali secara rutin demi memaksimalkan waktu kerja dan pulang lebih awal.

5. Rapat Efisien dan Efektif

Jika Anda diharuskan bertemu klien atau atasan untuk presentasi dan berdiskusi, coba atur waktu rapat dengan meminta mereka mengirimkan ringkasan dasar apa yang akan didiskusikan untuk menghemat waktu. Jika topik tersebut cukup serius, berikan waktu lebih. Namun, cobalah untuk berhenti sesuai dengan waktu rapat yang dijadwalkan.

 

482 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *