Kisah Hidup Penuh Berkah Prodiakon Fx. Efendi

Fx. Efendi saat di kediamannya, Kedaton, Bandar Lampung (21/08).

Fx. Efendi saat di kediamannya, Kedaton, Bandar Lampung (21/08).

BANDAR LAMPUNG, POTRET SUARA WAJAR – Berkat dari Tuhan terasa begitu melimpah pada keluarga Fx. Efendi, pria kelahiran Yogyakarta 27 Maret 1942. Sejak dia dan sekeluarganya masuk menjadi Katolik pada 21 Desember 1973 lalu, hidupnya dirasa dikaruniai berkat melimpah dari Tuhan Yesus Kristus.

Apalagi, saat FX Efendi mulai jatuh cinta untuk menyerahkan sebagian hidupnya menjadi pelayan umat di Paroki Yohanes Rasul Kedaton Bandar Lampung.

Inilah kisah Fx. Efendi yang hingga 2015 telah 27 tahun menjadi Prodiakon di Paroki Santo Yohanes Rasul Kedaton, Keuskupan Tanjungkarang.

Pada Jumat 21 Agustus 2015 lalu, Fx. Efendi (73) beserta istri Maria Theresia Widaryati (70) tengah santai di ruang tamu kediamannya ketika Radio Suara Wajar bertandang. Letak rumahnya hanya beberapa ratus meter dari Gereja Paroki Yohanes Rasul Kedaton, Jl. Tupai No. 49, Bandar Lampung.

Kami pun tak sungkan untuk berbincang-bicang santai, di ruang tamu kediamannya itu. Sistematis, FX Efendi mengawali kisah hidupnya saat bermigrasi dari tanah kelahirannya ke Bumi Ruwa Jurai pada Agustus tahun 1966 silam.

Setelah dibabtis, Fx Efendi pun mulai tertarik untuk berkecimpung di gereja menjadi pelayan umat di Gereja Paroki Santo Yohanes Rasul Kedaton. Hingga akhirnya, pada 5 Maret 1988, dia diangkat menjadi Prodiakon hingga sekarang.

Prodiakon adalah pemimpin umat yang dipilih dari umat dan diangkat oleh uskup untuk suatu tugas tertentu. Tugas prodiakon meliputi membantu menerimakan komuni dan melaksanakan tugas peribadatan dan pewartaan. Dasar pelayanan prodiakon adalah ambil bagian dalam imamat Kristus. Prodiakon merupakan seorang yang istimewa karena merupakan orang pilihan dalam gereja yang menghadirkan Kristus dalam perayaan liturgi. Prodiakon dituntut melayani dengan setia dan murah hati kepada umatya

Maria Theresia Widaryati, pendamping hidup Fx. Efendi sangat mendukung apa yang dilakukan oleh suami tercintanya itu. Wanita kelahiran Yogyakarta, 10 Agustus 1945 ini selalu mendukung suaminya dengan aktif berkegiatan di gereja dan dekat dengan Romo.

“Kisah Hidup Penuh Berkah Prodiakon Fx. Efendi” akan ditayangkan pada menu acara Features Radio “Potret Suara Wajar” edisi Minggu 23 Agustus 2015 pukul 19.00 wib.***

Reporter : Robert

 

781 Total Views 1 Views Today

One comment

  • Yanto

    Setelah menyimak cerita dari narasumbernya kok banyak yg kebalikannya dalam pelayananya di paroki maupun diLingkungan…he he he…(katanya gak ada rasa duka}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *