Renungan Injil Mat 7: 1-5

khotbah-di-bukit-501

Injil  Mat 7: 1-5

Dalam khotbah di bukit, Yesus bersabda: ”Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.”

RENUNGAN:

Kelemahan kita sebagai manusia adalah selalu melihat kekurangan orang lain tanpa melihat diri sendiri. Kebiasaan gosip dan menggosipkan orang lain sudah menjadi hal yang wajar dan biasa. Kita tidak merasakan lagi bahwa perbuatan itu salah menurut sabda Tuhan hari ini. Yesus bersabda “keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar kayu itu dari mata sudaramu”.

Betapa susahnya membiasakan diri untuk tidak melihat hal negatif dari dalam diri sesama. Mungkin sudah menjadi naluri kemanusiaan kita bahwa kita harus mempertahankan diri dari serangan orang lain. Hidup kita harus aman dan mencari kekuatan untuk tidak dikatakan negatif oleh orang lain. Maka sering kita pongah dan lupa diri. Kita senang melihat diri sendiri aman dan melihat sesama tidak aman dengan menunjukkan kesalahannya.

Gambaran itulah yang dikecam oleh Yesus. Apakah kita masih memiliki kebiasaan melihat orang lain sebagai lawan dan melihat kesalahan mereka? Kalau demikian, maka kita perlu mengeluarkab balok dimata kita dari pada melihat selumbar kayu dimata orang lain.

DOA:

Tuhan Yesus, berilah aku kesadaran bahwa pusat hidup orang kristiani adalah dalam diriMu. Amin.

2447 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *