Trik Mencari Lowongan Kerja Tersembunyi

job

 

Tips Mencari Lowongan Kerja Tersembunyi

Kita yang sedang mencari pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan sekarang tentu rajin membuka situs pencari kerja atau koran Sabtu-Minggu untuk mencari lowongan pekerjaan. Biasanya, sih, lowongan tadi pula yang diakses jutaan pencari kerja lainnya sehingga persaingan kita terasa berat. Padahal banyak, tuh, perusahaan yang mencari karyawan tanpa memasang lowongan di media. Bagaimana cara kita melacak lowongan-lowongan tadi? Lakukan hal-hal berikut ini!

Hubungi langsung
Ya, Anda boleh saja langsung menghubungi pihak pencari kerja, seperti brand manager satu produk, lalu mengirimkan surat lamaran dan CV Anda padanya. Memang, sih, besar kemungkinan lowongan yang sesuai dengan kemampuan Anda sedang tidak tersedia, tapi bisa CV Anda memang menjual, Anda akan menjadi kandidat pertama yang ada di kepalanya untuk mengisi posisi tersebut. Apalagi bila lowongan tersebut memang ada, sang manager tentu akan senang menemukan kandidat tepat tanpa harus menunggu lama dan mengeluarkan biaya memasang lowongan di situs pencari kerja.

Perluas jejaring
Hari gini kita dimudahkan dengan kecanggihan teknologi dalam mencari pekerjaan. Manfaatkan, deh, semaksimal mungkin. Miliki akun di Linkedin atau google plus, pastikan Anda terhubung dengan sebanyak mungkin orang yang sewaktu-waktu bakal bisa memberikan Anda pekerjaan. Coba cari teman kuliah Anda dulu yang biasanya bekerja di bidang yang dekat dengan bidang yang Anda geluti saat ini. Lakukan pula banyak interaksi dengan mereka dan pasang foto terbaik yang menunjukkan Anda pekerja profesional.

Mendaftar di Google Alerts
Bukalah google alerts dan mendaftarlah untuk mendapat berita terbaru dari perusahaan incaran Anda. Anda akan terus mendapat update apa ayng sedang terjadi pada perusahaan-perusahaan ini, termasuk bila mereka membuka cabang baru atau menambah divisi. Dari sini Anda bisa melamar sesuai dengan spesifikasi Anda.

Hadirlah di konferensi
Meski terkesan membosankan, konferensi yang berhubungan dengan karier membuka peluang bagi Anda untuk mendapat kenalan baru di bidang profesional. Tawarkan untuk bertukar kartu nama, lalu cobalah berkomunikasi dengan mereka. Tak perlu ragu untuk menanyakan apakah di tempat mereka bekerja sedang membuka lowongan yang sesuai untuk Anda. Jika biaya untuk ikut konferensi Anda rasa sangat memberatkan, Anda setidaknya bisa menghadiri satu konferensi tahunan yang terbesar dan paling banyak dihadiri para profesional. Anda juga bisa menawarkan diri menjadi pekerja sukarela untuk konferensi tersebut sehingga bisa ikut menghadiri tanpa harus membayar, hehehe.

Ubah networking Anda
Harus diakui bahwa setelah bekerja biasanya jejaring Anda sangat terbatas. Soalnya Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di kantor. Akibatnya, nih, kita sulit mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan tergres dari orang-orang terdekat. Satu-satunya cara ya mencari jejaring baru. Undang teman-teman lama untuk reuni atau aktifkan akun Twitter, Path, dan Facebook Anda lagi. Dari sini Anda akan mendapat lebih banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan.

339 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *