Renungan Injil Yoh 6: 6-21

mukjizat-yesus-berjalan-di-atas-air

Injil Yoh 6: 6-21
Yesus berjalan diatas air

Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, sedang laut bergelora karena angin kencang. Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Aku ini, jangan takut!” Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

RENUNGAN:

Injil hari ini mengisahkan pengalaman para murid, ketika mereka meninggalkan Tuhan mereka menghadapi gelombang laut yang besar. Perahu mereka pun hampir tenggelam. Namun dalam suasana semacam itu, Yesus datang dan menghardik laut sehingga menjadi tenang kembali. Kerap kali kita meninggalkan Tuhan, tetapi Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Tuhan selalu menyertai kita dalam segala kesulitan kita.

Pengalaman para murid bersama Yesus sungguh menyadarkan mereka betapa dahsyatnya kuasa Yesus. Namun demikian mereka juga disadarkan akan kurangnya iman dan kepercayaan mereka terhadap Yesus, kehadiran Yesus terkadang kurang disadari oleh para murid termasuk kita. Seringkali badai yang dihadapi menggambarkan juga badai kehidupan manusia yang selalu dialami. Badai itulah yang tidak jarang menutupi pandangan manusia akan kehadiran Tuhan. Manusia terlalu fokus pada badai dan permasalahan kehidupan sehingga muncullah rasa takut yang berakibat pada pandangan jadi kosong dan panik. Dalam situasi seperti itulah kehadiran Tuhan menjadi kabur sehingga tidak jelas.

Kita perlu sungguh menyadari bahwa tidak jarang perhatian kita tertuju pada diri dan permasalahan kehidupan sehingga kehadiran Tuhan tidak disadari. Kita menjadi kurang beriman, diliputi rasa takut dan was-was sehingga hidup kita jauh dari damai dan sejahtera.

DOA:

Tuhan Yesus berilah aku kesadaran senantiasa akan kehadiran-Mu sehingga aku tidak takut dalm melangkah di tengah pergolakan jaman ini. Amin.

1200 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *