Peringatan Kamis Putih di Cibinong Dihadiri 3000 Umat

KAMIS PUTIH

Perayaan Kamis Putih di Gereja Paroki Keluarga Kudus Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Peringatan Kamis Putih di Cibinong Dihadiri 3000 Umat

Metrotvnews.com, Bogor: Memasuki masa Pekan Suci, umat Katolik mengawalinya dengan perayaan Kamis Putih, (2/4/2015). Seperti terlihat di Gereja Paroki Keluarga Kudus Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Walau sempat diguyur hujan sejak siang, sekitar 3000 umat mengikuti misa perayaan Kamis Putih dengan khidmat yang digelar pukul 17.00 WIB.

Misa dipimpin Romo Diosesan (RD) Michael Suharsono, dalam khotbahnya ia mengatakan bahwa peringatan Kamis Putih merupakan peristiwa yang sangat istimewa. Hal ini didasari atas hadirnya kebaikan Tuhan yang dapat diterima dengan kekuatan iman oleh umatnya.

Ada Tiga bagian penting dalam perayaan ini yakni mengenal ekaristi, pembasuhan kaki para rasul dan perarakan Sakramen Maha Kudus. Makna dari Pembasuhan kaki, sebagai pengungkapan kasih, dan bentuk pelayanan dari seorang pemimpin. “Tuhan ingin mengungkapkan bahwa dia menghargai manusia. Dan siapa yang ingin menjadi pemimpin hendaknya dia harus melayani,” katanya. Dalam perayaan Kamis Putih, umat Katolik diingatkan agar saling mengasihi satu sama lain.

Setelah pembasuhan kaki para rasul, umat diajak untuk menghormati sakramen Maha Kudus dengan prosesi perarakan. Maksud dari perarakan sendiri agar umat dapat menghayati akan hadirNya Tuhan di tengah-tengah umat.

Rangkaian pekan suci umat Katolik diawali dengan peringatan Kamis Putih, sementara hari ini dilanjutkan perayaan Jumat Agung yang juga dikenal dengan peringatan akan Wafat Yesus Kristus. Sementara besok merupakan Sabtu suci dan Minggu Paskah yang berarti kebangkitan Yesus.

735 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *