KPK Terus Kumpulkan Keterangan Terkait Dana Siluman di APBD DKI

072524_ahokkpk1

KPK Terus Kumpulkan Keterangan Terkait Dana Siluman di APBD DKI

Jakarta, detiknews – KPK masih terus melakukan pengumpulan data dan keterangan untuk menindak lanjuti laporan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama terkait adanya dana siluman dan dugaan penyelewengan anggaran dalam penggunaan APBD DKI Jakarta. Diharapkan dalam waktu cepat KPK sudah bisa menyimpulkan apakah laporan Ahok bisa dinaikkan ke tahap penyelidikan atau belum.

“Pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan) masih terus dilakukan hingga saat ini,” kata Plt Pimpinan KPK, Johan Budi saat berbincang, Selasa (17/3/2015).

Sudah ada beberapa pihak yang dimintai keterangan pihak KPK terkait laporan Ahok. Namun, Johan belum bisa menjelaskan siapa saja pihak yang telah dimintai keterangan guna menverifikasi ada tidaknya dugaan korupsi dalam penggunaan APBD DKI 2012-2014 serta dugaan kongkalikong dalam penyusunan RAPBD 2015.

“Saya harus tanyakan dulu ke dumas kalau soal siapa saja yang telah dimintai keterangan. Namun yang pasti kita sudah mendatangi kantor Pak Ahok juga,” tegas Johan.

Seperti diketahui, saat ini KPK tengah dalam tahap verifikasi terhadap laporan yang disampaikan Ahok. Ada dua pokok perkara yang dilaporkan Ahok, yakni soal dugaan penyelewengan penggunaan APBD DKI 2012-2014 dan dugaan kongkalikong dalam penyusunan RAPBD DKI tahun 2015. Jumlah uang yang diteliti KPK bernilai puluhan triliun rupiah.

KPK pun berusaha agar secepatnya bisa melakukan ekspose terkait hasil Pulbaket terhadap laporan Ahok. Forum ekspose nantinya yang akan menentukan apakah laporan Ahok sudah bisa naik ke penyelidikan atau masih perlu tambahan di tingkat pulbaket.

696 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *