4 Kejanggalan Hilangnya 16 WNI di Turki

293137_solidaritas-yordania-terhadap-warga-jepang-yang-dibunuh-isis_663_382

4 Kejanggalan Hilangnya 16 WNI di Turki

VIVA.co.id – Kasus ‘menghilangnya’ belasan Warga Negara Indonesia di Turki, hingga kini belum menemukan titik terang. Kekhawatiran pun bertambah, apalagi diketahui saat ini ada 514 WNI yang sudah terkonfirmasi bergabung dengan kelompok Islam radikal di Negara Islam dan Suriah atau ISIS.

Pemerintah Indonesia pun cukup kelabakan saat ini. Apalagi, kasus ‘menghilangnya’ WNI kali ini, dalam jumlah yang tak sedikit. Sebab itu wajar adanya, Indonesia cukup panik atas kejadian ini. Sejauh ini, pasca kejadian ini, mulai terlihat sejumlah kejanggalan dari hilangnya belasan WNI ini. Berikut sejumlah kejanggalan itu:

1. Batal Berwisata Mendadak
Diketahui dari 25 orang yang berangkat berwisata dengan menggunakan jasa agen Smailing Tour, 16 orang di antaranya secara mendadak membatalkan agenda berwisata mereka dengan memisahkan diri saat tiba di Turki pada 26 Februari 2015. Mereka cuma berjanji, akan kembali ke bandara internasional Turki, pada 4 Maret 2015. Pengakuan ketua rombongan, ke-16 orang ini ingin mengunjungi keluarga mereka di Turki.

2. Menonaktifkan Ponsel
Sejak memisahkan diri, ke-16 orang hingga hari akhir berwisata pada 4 Maret 2015, seluruhnya tidak ada yang bisa dihubungi. Hanya satu orang yang membalas pesan singkat. Itupun penuh kejanggalan. “Teman-teman bisa pulang dengan lancar pada 4 (Maret), we are fine,” tulis pesan singkat yang masuk ke ketua rombongan wisata.

3. Tak Ada Yang Merasa Kehilangan
Sejak dilaporkan hilang pada 4 Maret 2015, hingga hampir sepekan tidak ada satupun dari pihak keluarga yang melaporkan keluarga mereka hilang. Kejanggalan ini seolah menguatkan bahwa memang keinginan 16 orang WNI tersebut memang sudah dipersiapkan semenjak lama. “Kalau ini kasus orang hilang, pastinya ada keluarga yang melapor, lah ini sampai berapa hari tidak ada,” ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Muhammad Iqbal, Senin 9 Maret 2015.

4. Yang Hilang Bernama Ala Arab
Kejanggalan berikutnya adalah, diketahui dari enambelas orang yang hilang yang terdiri dari tiga keluarga dan dua orang yang bukan memiliki pertalian darah ternyata memiliki kesamaan nama. Belum tahu ini berkait atau tidak dengan konsep keislaman yang dimiliki oleh ISIS. Namun diketahui, seluruh nama-nama yang hilang ini memiliki nama mirip dengan nama-nama Arab.

7473 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *