Injil Markus 6: 7-13

Yesus-mengutus-kedua-belas-rasul

Yesus mengutus kedua belas rasul

 

Injil Markus 6: 7-13 (Yesus mengutus kedua belas rasul)

7. Sekali peristiwa, Yesus memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat, 8 dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan, 9 boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju. 10 Kata-Nya selanjutnya kepada mereka: “Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu. 11 Dan kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di kakimu sebagai peringatan bagi mereka.” 12 Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, 13 dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

RENUNGAN:

Bacaan Injil hari ini mengajak kita untuk mengandalkan Tuhan dalam tugas perutusan, pun dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai orang yang percaya dan mengimani Yesus sebagai Juru Selamat. “Yesuslah Andalanku.” Sebuah kalimat pendek yang tidak cukup hanya untuk diucapkan melainkan harus diimani dan diyakini bahwa Ia akan melakukan segala sesuatu kepadamu maupun kepada orang lain melaluimu. Sebagai seorang utusan-Nya, Yesus menegaskan kepada pada murid, rahmat yang diberikan sudah cukup. Ia berpesan, dalam menjalankan misinya tidak usah repot dengan makanan (roti pun jangan) dan harta yang melekat. Yesus tidak melarang murid memenuhi apa yang dibutuhkan sebagai yang pokok, misalnya boleh bawa tongkat dan sandal. Tetapi, tidak perlu bawa baju berlebihan. Penegasan Yesus kepada murid-Nya dalam persiapan misinya ini bukan karena barang-barang itu tidak perlu, melainkan kalau para murid disibukkan dengan uang, pakaian, dan barang lain maka perhatiannya tidak pada pelayanan dan misi tetapi pada apa yang melekat pada dirinya.

Selain menganjurkan menjalani hidup seorang utusan yang berpikir mana yang perlu, mana yang penting dan mendesak untuk karya misi, Yesus menegaskan, dalam bermisi harus menyatu dalam kehidupan umat. Keterbukaan umat dan kebersamaan dengan mereka adalah sarana yang sangat efektif untuk memperkenalkan kehendak Allah. Maka, tinggal di rumah di mana para murid diterima adalah penegasan Yesus kepada mereka. Tinggal bersama mereka berarti menyatu dalam kebudayaan dan situasi mereka. Melalui kebudayaan setempat, seorang misionaris dan utusan Yesus dituntut memasukkan nilai-nilai kristologi dalam situasi masyarakat tersebut.

Panggilan perutusan yang diberikan Yesus kepada para murid tidak hanya berhenti pada peristiwa masa lalu ketika murid pertama diutus. Panggilan itu tetap dan berlaku untuk setiap orang beriman kristiani, terlebih karena persembahan dirinya untuk para terpanggil secara khusus (imam, biarawan, dan biarawati). Berkat pembaptisan, setiap dari kita tidak hanya dikuduskan, melainkan dipilih dan diutus mengobarkan budaya kebenaran dalam semangat kenabian, untuk mewujudkan kekudusan hidup dalam semangat imamat dan membangun persekutuan sebagai citra Allah dalam semangat rajawi.

Tuntutan zaman ini membutuhkan para murid Yesus yang setia pada Sabda Allah yang terwujud dalam hidup yang konkret. Umat membutuhkan seseorang yang bisa diteladani dan dicontoh, bukan hanya yang pandai dan pintar. Ketika dunia berlomba-lomba untuk menumpuk kekayaan, tentunya para imam dan religius memberikan teladan bagaimana harta benda digunakan untuk berbuat kasih dan menolong. Ketika orang berlomba-lomba mencari hidup yang hedonis dan nyaman, para murid Yesus harus berani menjadi pribadi yang siap berjerih payah. Ugahari akan makanan, pakaian, uang, dan fasilitas, kiranya merupakan cara terbaik untuk mengobarkan kembali daya kekuatan Roh yang telah diterimakan dalam tahbisan maupun kaulnya.

Ketika kita dengan tulus dan gembira melayani perutusan-Nya, Tuhan akan menambahkan apa yang kita butuhkan. Kalau kita mencari kesibukan hanya untuk memenuhi keinginan ego kita, rahmat Tuhan akan semakin jauh dari diri dan perutusan kita.

DOA:

Ya Yesus, bantulah kami untuk selalu memiliki pendirian yang teguh dalam mewartakan Kerajaan-Mu di tengah dunia zaman ini. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari kami pun mampu melakukan kebaikan kepada sesama dengan tulus. Berilah kami kepercayaan akan kuasa Illahi-Mu dan jadikanlah kami saluran rahmat dan berkat bagi sesama kami. Doa ini kami haturkan kepada-MU karena Engkaulah Tuhan dan pengantara kami kini dan sepanjang masa. Amin

 

 

3393 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *