Renungan Injil Mrk 4:35-41

31

Injil Mrk 4:35-41
(Angin ribut diredakan)

Peringatan S. Yohanes Bosko

Pada suatu hari, ketika hari sudah petang, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Marilah kita bertolak ke seberang.” Mereka meninggalkan orang banyak yang ada di sana lalu bertolak, dan membawa Yesus dalam perahu itu di mana Ia telah duduk ; dan perahu-perahu lain pun menyertai Dia. Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat, dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air. Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid membangunkan Yesus dan berkata kepada-Nya, “Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?” Yesus pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau, “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau pun menjadi teduh sekali. Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?” Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain, “Siapakah gerangan orang ini? Angin dan danau pun taat kepada-Nya?”

RENUNGAN:

“Guru, tidak pedulikah Engkau kalau kita binasa?” (Mrk 4:38).Teriakan para murid karena ketakutan dan frustrasi adalah teriakan kita juga kepadaTuhanYesus manakala situasi situasi dalam kehidupan kita menggoncang iman kita. Namun berbagaikrisis sebenarnya memberikan kesempatan bagi kita untuk bertumbuh dalam rasa percaya kita kepadaTuhanYesus selagikitamenyaksikan Dia bekerja dalam kehidupan kita. IngatlahYesus adalah Imanuel, Allah yang senantiasa menyertai kita.

Pengalaman para murid di tengah danau menunjukkan kepada kita bahwa Yesus adalah Tuhan (Kyrios) dan Juru selamat kita. Dia ada bersama kita setiap saat, bahkan ketika angin topan dan ombak kehidupan sedang mengamuk dengan dahsyat dan sangat mengancam keberadaan kita. Melalui sakit kita, kelemahan kita, kekhawatiran dan keputus-asaan kita, Yesus ingin mengajar kita untuk mengandalkan diri kepada-Nya secara lebih total.

Apabila anda merasakan kesepian, putus-asa, maka berserulah kepada Allah. Dia akan menghibur dan menolong anda mengatasi kesulitan-kesulitan anda. Mohonlah kepada Roh Kudus untuk menghibur dan menyemangati anda setiap hari. Dia akan mengangkat diri anda dengan cara-cara yang tidak pernah anda harapkan. Fokuskanlah perhatianAnda kepada Tuhan selagi Anda bermasalah dan membutuhan-Nya. Dia adalahTuhan yang berdaulat atas segenap ciptaan dan satu-satunya Allah bagi hidup anda. Selagi anda menaruh rasa percaya anda kepada Yesus, maka kita pun akan dihibur menyaksikan bahwaDia tidak pernah memungkiri janji-Nya kepada siapa pun dan Ia tidak pernah meninggalkan seorang pun.

DOA:

“Ya TuhanYesus, Engkaulah andalanku. Aku menaruh segala sesuatu kedalam tangan-tangan kasih-Mu. Berdirilah di sampingku, ya Yesus, selagi aku menghadapi kesulitan-kesulitan dan mengalami kepedihan. Aku sepenuhnya menaruh pengharapanku dalam diri-Mu, yaTuhan Yesus. Amin.”

3229 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *